Griya Yatim & Dhuafa

Kita Akan Sulit Bahagia Jika Tidak Bersyukur

Kita Akan Sulit Bahagia Jika Tidak Bersyukur
                                   Kita Akan Sulit Bahagia Jika Tidak Bersyukur

Donasiberkah.id – Apa sih yang menyebabkan seseorang sulit bahagia? Di saat kita terus membandingkan diri dengan orang lain, maka tak akan pernah puas rasanya menjalani hidup ini. Selalu saja ada orang yang kelihatannya lebih sukses dan bahagia. Selalu saja ada orang-orang yang hidupnya lebih baik dan lebih beruntung. Mengukur kebahagiaan kita dari standar hidup orang lain pada akhirnya hanya akan membuat kita tidak akan pernah merasa puas.

Lihatlah Orang Yang Lebih Rendah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ” Lihatlah kepada orang yang lebih rendah dari kalian dan janganlah memandang kepada orang yang lebih tinggi dari kalian, sebab hal itu lebih baik agar kalian tidak menghina nikmat Allah” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga : Bahayanya Bila Kita Terlalu Mencintai Dunia

Hadits di atas mengajarkan kepada kita hendaknya selalu pandai bersyukur dalam kondisi apapun. Itulah yang akan membuat seseorang tidak memandang remeh nikmat Allah, karena dia selalu melihat orang yang berada di bawah dalam masalah harta kekayaan. Ketika seseorang melihat tetangganya membeli mobil baru, dalam hatinya yang mungkin berkata, “Saya hanya punya motor dia sudah punya mobil.”

Kita Akan Sulit Bahagia Jika Tidak Bersyukur
Kita Akan Sulit Bahagia Jika Tidak Bersyukur

Kita Akan Pandai Bersyukur

Namun ketika ia memandang orang yang berada di bawahnya, “Ternyata orang lain lebih susah dibanding dengan ku, ia bekerja hanya dengan sepeda tanpa mengeluh.” Dengan memandang orang yang berada di bawahnya, di tidak akan menganggap hal yang remeh terhadap nikmat yang Allah berikan. Bahkan dia akan mensyukuri dan bahagia dengan ketentuan Allah.

Baca Juga : Zakat Sebagai Tanda Syukur

Akan tetapi sebaliknya, ketika dia melihat saudaranya dengan handphone yang baru, dia merasa handphonenya masih sangat jauh dari saudaranya. Pada akhirnya yang ada pada dirinya sulit untuk bahagia, bahkan menganggap remeh dan kurang bersyukur atas nikmat yang Allah berikan untuknya. Padahal masih banyak orang yang di luar sana, yang memiliki ponsel dengan kualitas yang jauh lebih rendah atau jauh dari kata layak.

Al Munawi rahimahullah berkata, “Jika seseorang melihat (memandang) orang di atasnya (dalam masalah harta dan dunia), dia akan menganggap kecil (remeh) nikmat yang Allah berikan untuknya. Maka cara yang terbaik untuk masalah ini, melihat seseorang yang berada di bawahnya. Dengan melakukan ini, seseorang akan ridho dan bersyukur, insya Allah rasa tamak yang ada pada dirinya akan berkurang.”

Baca Juga : Tetap Bersyukur Dalam Kondisi Apapun

Tanamkan Rasa Syukur Pada Diri Kita

Maka dari itu kak, mari kita selalu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan kepada kita jangan mengukur kebahagiaan kita dari standar hidup orang lain.Yuk salah satunya kita berbagi kepada sesama dengan cara donasi di donasiberkah.id ya.

Baca Juga : Perbanyak Bersyukur Kurangi Insecure

English EN Indonesian ID
Scroll to Top