Griya Yatim & Dhuafa

Konsisten Dalam Kebaikan

Konsisten Dalam Kebaikan
                                             Konsisten Dalam Kebaikan

Donasiberkah.org – Sahabat dermawan, setiap muslim pasti mencintai kebaikan dan perbuatan ma’ruf. Tetapi tidak semua muslim memiliki motivasi untuk terus menerus mencari pintu-pintu kebaikan dan  jalan-jalan ibadah yang selalu membuat istiqomah. Dalam rangka menuju surganya Allah Subhanahu wa Ta’ala. 

Baca Juga : Balasan Amalan Kebaikan Bagi Orang Yang Berinfaq

Sudah Tertanam Dalam Hati 

Sebenarnya banyak sekali perbuatan ma’ruf yang dinantikan orang-orang yang menginginkan pahala dan membantu saudaranya sesama muslim.

Seperti sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam : “barangsiapa yang menghilangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, Allah akan menghilangkan  darinya kesusahan di hari kiamat. Barangsiapa yang memberi kemudahan keypad seorang miskin maka Allah akan memudahkannya di akhirat. Barangsiapa yang menutup aib seorang muslim maka Allah akan menutup aibnya didunia dan diakhirat. Dan Allah akan menolong hambanya selama ia menolong saudaranya yang seagama……” (Hadits Shahih Al-jami’ no.6577).

Dan perbuatan inilah yang dapat diperkirakan bagi seorang mukmin, mampu untuk menjalaninya. Apabila tidak terbesit dalam hati dan jiwanya untuk melakukan kebaikan dan tidak segera melakukan yang ma’ruf, maka tidak ada yang lebih rendah dari pada menyuruh berbuat baik. Dan jika semua itu tidak bisa dilakukan, maka hendaklah ia menahan dirinya untuk tidak terjerumus dalam perbuatan kejahatan dan menyakiti orang lain. 

Harus Meningkatkan Setiap Amal Kebaikan 

Dari Aisyah Radhiyallahu Anhu berkata: bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam  bersabda : “Tingkatkanlah amalmu dengan baik, atau lebih dekatlah kepada kebaikan, dan bergembiralah, karena amal seseorang tiada dapat memasukkannya ke surga.” Tanya para sahabat, “Amal Anda juga begitu, ya Rasulullah?’ Jawab Rasulullah, “Amalku juga begitu. Tetapi Allah melimpahiku dengan rahmat-Nya. Dan ketahuilah, bahwa amal yang paling disukai Allah adalah amal yang dikerjakan secara terus-menerus walaupun sedikit.” (HR. Bukhari, Muslim dan Nasa’i).

Konsisten Dalam Kebaikan
                  Konsisten Dalam Kebaikan

Maka dari itu dapat kita pahami bersama bahwa dalil-dalil diatas telah menerangkan agar kita selalu meningkatkan amal perbuatan setiap saat. Atau berkomitmen untuk mencapai tujuan yang diinginkannya. Dengan tidak berlebihan dan tidak meremehkan terhadap apa yang telah Allah dan rasulnya perintahkan. 

Menurut imam Al-Ghazali  “agar hidup ini senantiasa tercerahkan, dekati dan ambilah cahaya (kebenaran) itu. Jadikan kebenaran, sebagai pakaian dan teman kehidupan.” Orang-orang yang beriman hendaklah untuk tidak berputus asa dari rahmat Allah. Karena seorang mukmin harus memiliki jiwa yang kuat, optimis dan maju, serta dibarengi dengan bermunajat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karena rahmat Allah inilah yang dapat menghantarkan pada keridhoannya, sehingga kita dapat masuk kedalam surganya dan dijauhkan dari siksa api neraka.  

Yuk, Latih Dirimu Sejak Saat Ini Berbuat Kebaikan 

Sahabat, melakukan perbuatan baik itu tidak semudah membalikan telapak tangan. Apalagi dilakukan secara terus menerus, semua itu butuh proses dan pembiasaan. Dan dilakukan setahap demi setahap, sama dengan membangun benteng diri yang kokoh. Ibaratkan  seperti menabung, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Inilah amalan yang dicintai Allah, melakukan amalan yang terus menerus meski hanya sedikit.

Baca Juga : Gunakan Waktu Untuk Hal Kebaikan

Sedikit dalam beramal namun dilakukan secara terus-menerus juga sama dengan memupuk dan menyiram pohon keimanan. Ia akan terus tumbuh segar dan tak layu, alhasil jiwa akan terus terangkat menuju derajat yang lebih baik. Yuk lakukan kebaikan dengan bersedekah di link kebaikan di bawah ini :

Donasi Sekarang Griya yatim
                Donasi Sekarang Griya yatim
English EN Indonesian ID
Scroll to Top