Griya Yatim & Dhuafa

Kreatifitas Anak Yatim Membuat Layang-layang

Sahabat Dermawan, alhamdulillah kak, adik-adik kita, anak asuh Griya Yatim & Dhuafa cabang BSD 3 ini tumbuh menjadi anak-anak yang pintar dan kreatif. Dengan kreatifitas mereka, mereka telah berhasil membuat layang-layang yang besar loh kak. Hidup di asrama bukanlah halangan bagi anak-anak yatim untuk terus tumbuh kreatif dan bisa menjadi inspiratif kelak.

Sahabat, kehidupan tanpa orang tua bukanlah sebuah alasan bagi anak yatim untuk terus tumbuh seperti anak-anak yang lainnya menjadi anak yang cerdas, kreatif dan yang lainnya. Tidak adanya orang tua tidak lantas menjadi anak yang lemah dan berputus asa. Akan tetapi sebaliknya anak-anak yatim binaan Griya Yatim dan Dhuafa tetap semangat dan tidak berputus asa di dalam kehidupan mereka.

Layang-layang merupakan Permainan Tradisional?

Sahabat, layang-layang merupakan sebuah permainan yang sangat tradisional. Ini merupakan salah satu kekayaan tradisi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. “ Permainan ini biasanya dilakukan di tempat-tempat terbuka Kak “.

Kreatifitas Anak Yatim Membuat layangan
                             Kreatifitas Anak Yatim Membuat layangan

Tahu tidak Kak, mereka membuat dengan bahan yang sangat sederhana, simak cara pembuatan layang-layang.

Bagaimana Cara Membuatnya Layang-layang, diantaranya yaitu:

  1. Langkah pertama potong layar dari kantong sampah berbahan plastik atau kertas wajik. Caranya  dengan melipat kantong atau kertas menjadi dua lalu memotongnya sama besar. Kemudian tempel dengan kayu yang sudah disediakan sesuai keinginan secara vertikal memakai plester dengan melipat seimbang plester.
  2. Setelah itu tempelkan lagi kayu secara horizontal menggunakan plester. Lalu, kedua tongkat tadi bisa bersilangan di lubang layar dan rekatkan 4 buah plester di tongkat dekat lubang tengah.
  3. Langkah berikutnya Anda bisa melengkungkan perentang dengan memberikan garis tekanan di bagian belakang.
  4. Setelah itu Anda bisa tempel pada satu sisi perentang dengan menggunakan plester. Kemudian tariklah menjadi lengkung 5 cm.
  5. Langkah berikutnya yaitu tempelkan ke sisi perentang yang satunya menggunakan plester.
  6. Kemudian Anda mengikatkan ekor pada bagian bawah. Buatlah ekor layang-layang sesuai selera.
  7. Layang-layang kita buat bisa kita gambar dan dihias
  8. Pasang benang layang-layang di bagian kedua tongkat dengan bersilang
  9. Layang-layang siap di terbangkan

Layang-layang yang mereka buat sangatlah indah dan besar, mereka membuatnya dengan kerjasama agar layang-layang yang mereka lebih mudah .

Terima kasih kak, telah senantiasa membersamai kami dalam merawat dan mendidik adik-adik kita ini, hingga menjadi anak yang pintar dan kreatif. Semoga Allah jadikan amal shalih yang kakak lakukan sebagai amalan yang utama di sisiNya. Aamiin

English EN Indonesian ID
Scroll to Top