Griya Yatim & Dhuafa

Kunci Dalam Menghadapi Ujian

Cara Allah mendewasakan hambaNya adalah dengan ujian yang datang kepada kita kak,dan jika kita bisa lulus dari ujian terssebut, maka Allah akan meninggikan derajat kita kak di hadapanya dengan ujian yang datang kepada kita kak. Yuk kita simak kak Kunci Dalam Menghadapi Ujian ini.

Kak,di dalam kehidupan yang kita jalani pasti selalu ada yang namanya ujian dan cobaan sebagai mana Allah berfirman di dalam Al-Qur’an (Al Ankabut : 2-3). 

Ayat tersebut menjelaskan bahwa dunia sejatinya tempat bagi manusia menjalani berbagai macam ujian dan cobaan yang di berikan Allah kepada manusia, Allah menguji hambanya bukan untuk untuk membebani hambanya melainkan Allah itu sayang terhadap hambanya itu.

Bebas sesuai kesanggupanya

Sejatinya  tidak melebihi dari kapasitas kemampuan  kita kak, sebagaimana Allah berfirman: ‘’Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya…”.(QS Al Baqarah : 286).

Dan diantara ujian yang Allah berikan yaitu sesuai dengan firman Allah:”Dan pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan,kelaparan,kekurangan harta, jiwa dan buah-buaha. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar”. (QS Al Baqarah : 155).

Kunci Dalam Menghadapi Ujian

Dalam ayat tersebut bahwa akan datang ujian kepada setiap manusia dengan berbagai macam musibah yakni dengan sedikit rasa takut kepada musuh-musuhmu, rasa lapar karena kekurangan di dalam makanan yang akan menimpamu, kekurangan harta benda karena hilang atau sulit untuk mendapatkannya, berkurangnya jiwa karena datangnya bencana yang menimpahmu. 

Allah memberi cobaan karena sayang

Dan sesungguhnya bencana yang menimpa mu adalah sebuah kebaikan dan itu baik bagimu sebagaimana Allah berfirman : “Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 216). 

Mungkin Allah memberikan cobaan ini karena Allah masih sayang kepada kak. agar kak mau mengharap serta mendekatkan diri kepadaNya kak dan itu juga baik untuk kehidupan kakak.

Sebagaimana Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya semua yang menimpa kepada orang mukmin itu baik baginya jika Allah memberikan nikmat maka ia bersyukur dan itu baik baginya, dan jika Allah memberikan cobaan kepadanya maka ia bersabar dan itupun baik baginya..”

Inilah Tips Untuk Menerima Cobaan

  1. Memohon pertolangan kepada Allah

Segala apaun yang menimpa kita kak, sebaiknya kita langsung memohon perlindungan serta memohon kepadaNya agar di kuat kan dalam menjalani ujian tersebut kak,karena kita tak memiliki daya apaun melainkan Allah yang punya kekuatan kak.

  1. Sholat

Sholat adalah salah satu kita berkomunikasi kita kepada Sang Pencipta, maka mengadulah kepadaNya serta mengharapkan kepadaNya

  1. Semua Yang Kita Miliki Adalah Titipan Allah Semata

Sebagaimana Allah berfirman : “Yaitu orang-orang yang apabila di timpa musibah, mereka berkata “inna lillahi wa inna illahi raji’un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepadaNyalah kami kembali).

Jadi apapun yang mennimpah kepada kita hendaknya kita jangan bersedih kak, semua adalah titipan dari Allah dan pastinya yang namanya titipan pasti akan di ambil kembali.

Janji Allah itu pasti tidak akan ingkar janji di dalam kesulitan pasti akan ada kemudahan sebagaimana Allah berfirman : “Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.”(QS Al Insyirah : 5-6 ).

Baca Juga : Inilah 3 Kunci Hidup Sukses

Percayalah kak, bahwa sebab-sebab Allah mendatangkan musibah atau ujian ini pasti akan ada hasil yang menyenangkan seperti pribahas “ habis gelap terbitlah terang.cobaan yang datang kepada kita adalah sebuah sarana kita untuk menghapuskan dosa-dosa yang kita lakukan kak.

sebagaimana Nabi bersabda :” Tidaklah seorang Muslim tertimpa suatu penyakit atau sejenisnya, melainkan Allâh akan menggugurkan dosa-dosanya bersamanya, seperti pohon yang menggugurkan daun-daunnya”.Dan Nabi juga bersabda di hadist lain

“Tidaklah seorang Muslim ditimpa keletihan, penyakit, kesusahan, kesedihan, gangguan, kegundah-gulanaan, termasuk duri yang menusuknya, melainkan Allâh akan menghapus sebagian dari kesalahan-kesalahannya”.

Hadist ini menjelaskan bahwa apa saja yang menimpa kepada hambanya baik itu kesedihan,kesusahan,penyakit atau kematian semuanya akan menghapus dosa-dosa seorang hambanya.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top