Griya Yatim & Dhuafa

Kunci Mendapatkan Ketenangan

Griya Yatim Dhuafa
Kunci Mendapatkan Ketenangan
                                  Kunci Mendapatkan Ketenangan

Donasiberkah – Kak, pernah tidak merasakan saat-saat dimana masalah yang kita hadapi tak kunjung selesai? Ternyata saat masalah muncul, hati akan merasakan kegelisahan, ketakutan, bahkan ada yang sampai mengalami stress. Pada saat seseorang mengalami stress, maka tubuhnya akan mengalami penurunan imun, sehingga dapat memicu berbagai macam penyakit, baik fisik maupun pikiran.

Terkadang masalah yang dihadapinya tak kunjung selelsai, bukan tidak ada solusinya. Sebab Allah memberikan ujian pastinya ada solusinya. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan” (QS. Al-Insyirah : 6). Lalu, bagaimana cara untuk mencari ketenangan agar kehidupan yang kita jalani menjadi tentram?

Baca Juga : Sedekah Itu Bukti Ada Iman di Hati

Mengingat Allah

Kak, cara mengingat Allah adalah cara yang terbaik, agar kehidupan kita menjadi tentram, sebagaimana Allah T’ala berfirman : “Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram” (QS. Ar-Ra’d : 28). Dengan mengingat Allah, seperti shalat, dan dengan cara itu Allah akan mengingat kepada hambanya.

“Maka ingatlah kepada-Ku, niscaya Aku ingat pula kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu mengingkari nikmat-Ku” (QS. Al-Baqarah : 152).

Selalu Bersyukur Atas Ketetapan Allah

Bentuk rasa syukur seorang hamba adalah cara yang mudah bagi kita untuk mendapatkan ketenangan di dalam hidup kiat. Jika seseorang selalu bersyukur atas nikmat yang Allah tetapkan pada hari itu, maka tidak ada rasa kecewa. Dan Allah selalu memerintahkan kepada manusia untuk selalu bersyukur kepada-Nya. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :

“Dan sungguh, telah kami berikan hikmah kepada Lukman, yaitu, “Bersukurlah kepada Allah! Dan barang siapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya. Dan barang siapa tidak bersyukur (kufur), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya, maha Terpuji” (QS. Luqman : 12).

Kunci Mendapatkan Ketenangan
           Kunci Mendapatkan Ketenangan

Taat Menjalankan Perintah Allah

Sebagaimana yang dikatakan Al Imam al ‘Allamah Ibnul Qayyim di dalam kitabnya : “….Sesungguhnya, hati tidak akan (merasakan) ketenangan, ketentraman, dan kedamaian, melainkan jika pemilik hatinya berhubungan dengan Allah (dengan melakukan ketaatan).” Dari penjelasan tersebut, jika seseorang keluar dari ketaatan yang Allah perintahkan, maka ia akan merasakan kegelisahan, ketakutan, bahkan kehidupannya akan mengalami kehanancuran.

Baca Juga : Makna Dzikir Bagi Hati Dan Manfaatnya

Berkumpul Dengan Orang Shalih

Kak, orang shalih merupakan orang yang Insya Allah dekat dengan Allah, dengan kita bergaul dengan para shalihin akan membawa kita untuk selalu mendekatkan pada Allah. Berkumpul dengan orang shalih merupakan salah satu yang akan menenangkan hati dan pikiran. Sebab aka nada nasehat-nasehat yang baik untuk kehidupan kita.

Baca Juga : Tatkala Hati Bersedih

Yuk Amalkan di Dalam Kehidupan

Yuk Kak, kita amalkan amalan tersebut, sebab dengan kita mengamalkan amalan tersebut, Insya Allah akan mendatang kan ketentraman di dalam kehidupan kita. Aamiin.

155 views