Griya Yatim & Dhuafa

Lakukanlah Kebaikan Walau Sekecil Apapun

Sahabat dermawan, Jangan sampai kita terlalaikan untuk beribadah kepada Allah dan lupa untuk memperbanyak amal kebaikan. di Hari Raya juga merupakan kebahagiaan setiap umat muslim. maka yuk kita isi hari-hari di hari raya dengan melakukan kebaikan walau sekecil apapun. Maka yuk Lakukanlah Kebaikan Walau Sekecil Apapun.

Kebaikan-kebaikan kecil dapat bernilai besar tergantung niat dan keadaan. Seperti dikisahkan dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Satu dirham dapat mengungguli seratus ribu dirham“. Lalu ada yang bertanya, “Bagaimana itu bisa terjadi wahai Rasulullah?” Beliau jelaskan, “Ada seorang yang memiliki dua dirham lalu mengambil satu dirham untuk disedekahkan. Ada pula seseorang memiliki harta yang banyak sekali, lalu ia mengambil dari kantongnya seratus ribu dirham untuk disedekahkan.” (HR. An Nasai).

Lakukanlah Kebaikan Walau Sekecil Apapun

Kebaikan walau sekecil apapun pasti akan Allah berikan balasannya, Allah berfirman : “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya.” (QS. Az-Zalzalah : 7). Dan kita tidak akan pernah tahu kebaikan apa yang akan membawa kita kepada surga nya Allah. Kita jangan menjadi orang yang perhitungan, yaitu orang yang menghitung-hitung balasan yang akan kita dapat ketika kita melakukan suatu kebaikan. Karena jika demikian, seperti tidak terdapat keikhlasan dalam diri kita, dan hanya mengharapkan balasan. Padahal nikmat Allah yang ada padanya tidak terkira.

Keutamaan suatu amalan itu dapat dilihat dari keikhlasan dan keimanan didalamnya. Suatu amalan walau sekecil apapun, jika terdapat keikhlasan dan keimanan didalamnya, maka akan menjadi suatu yang utama. Oleh karena itu, sedekah di waktu sempit itu lebih utama dibanding disaat lapang. Karena sedekah di waktu sempit itu mengandung keikhlasan dan keimanan yang kuat. Seperti dikisahkan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah pernah ditnya sedekah mana yang paling afdhol, Lalu Beliau menjawab : “Sedekah dari orang yang serba kekurangan.” (HR. An-Nasai).

Baca Juga : Inilah Amalan Yang dicintai Allah

Amal shalih yang kita kerjakan adalah bagian dari ketundukan dan keimanan kita kepada Allah. Namun sampai sekarang, kita tidak tahu, apakah amal kita di terima Allah atau tidak. Dan kita tidak tahu, amal mana yang mengantarkan kita kepada surga dan bertemu dengan Nabi Shallallahu ‘ Alaihi wa Sallam. Maka kita bisa resapi nasehat Imam Hasan Al Bashri : “Lakukanlah kebaikan sekecil apapun. Karena kau tak pernah tahu kebaikan apa yang akan membawamu ke surga”.

Sahabat, karena ada amal yang terhapus karena riya’, dan itu bisa saja tidak kita sadari, mungkin terhapus karena menzalimi tetangga, mungkin terhapus karena sering menyebut-nyebut amal shalih kita. Maka dari itu, kita harus memperbanyak amal kebaikan kita, meskipun kecil tapi dengan keikhlasan yang sepenuhnya. 

Yuk sahabat, kita jadikan hari-hari ini menjadi keberkahan bagi diri kita dan juga mereka dengan bersedekah, walaupun sedikit namun InsyaAllah dapat menjadi tabungan kita di akhirat. Maka yuk kita Lakukanlah Kebaikan Walau Sekecil Apapun. semoga Allah membalas kebaikan kita Aamiin…

English EN Indonesian ID
Scroll to Top