News

Larangan Makan dan Minum Berdiri

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah teladan yang paling baik, bahkan disebutkan dalam Al-Qur’an, “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. Al-Ahzab : 21). Disetiap hal-hal kecil yang Rasulullah lakukan pasti terdapat kebaikan, seperti makan dengan tangan kanan, larangan makan dan minum berdiri, tidak bernafas di dalam cangkir, dan lainnya. 

Banyak juga penelitian yang ingin membuktikan sunnah-sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan efeknya dalam bidang kesehatan. Ternyata setiap sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah mengandung kebaikan bagi tubuh kita. Sebagai umatnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah sepatutnya kita mengikuti dan mendirikan sunnah-sunnah nya. Oleh karena itu, dengan mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kita akan mendapatkan dua kebaikan, bagi tubuh kita dan juga kebaikan karena telah menegakkan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Larangan Makan dan Minum Berdiri

Dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dimana beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, ”Qotadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), “Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?” Anas menjawab, “Itu lebih parah dan lebih jelek.” (HR. Muslim no. 2024). Dalam riwayat yang lain juga disebutkan, “Jangan kalian minum sambil berdiri ! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan !” (HR. Muslim).

Tiada khilaf di kalangan ahli fiqih bahwa seseorang dianjurkan makan dan minum sambil duduk. Tetapi minum sambil berdiri tanpa uzur menyalahi yang afdhal menurut mayoritas ulama,” (Wizaratul Awqaf was Syu`unul Islamiyyah, Al-Mausu’atul Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah, [Kuwait, Darus Safwah:1997M/1417H] cetakan pertama, juzXV, halaman 270-271).

Baca Juga : Efek Kesehatan Bagun di Pagi Hari

Makan dan minum sambil berdiri dianggap menjadi hal biasa bagi sebagian orang, padahal memiliki sejumlah resiko dan bahaya jika sering melakukannya. Ada beberapa dampak negatif yang dapat terjadi jika terlalu sering makan dan minum sambil berdiri. Apa saja ya sahabat bahayanya?

Bahaya makan dan minum berdiri

Larangan Makan dan minum berdiri akan menyebabkan benturan pada lambung dan usus. Dikarenakan makanan ataupun cairan langsung jatuh dengan keras kedasar lambung. Jika hal ini dilakukan berulang-ulang selama bertahun-tahun, maka akan menyebabkan akibat yang fatal. Yaitu akan menyebabkan disfungsi pencernaan.

Makan sambil berdiri dapat membuat lambung mengosongkan isi perut terlalu cepat dan membuat makanan yang belum tercerna dengan baik langsung masuk ke dalam usus. Akibatnya, tekanan dalam usus akan meningkat dan membuat seseorang mengalami rasa tidak nyaman pada perut, rasa mual, atau kembung.

Karena proses yang cepat pada isi perut juga membuat mudah lapar, proses yang cepat ini justru tidak memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk menyerap nutrisi dengan baik dan menyebabkan terbentuknya gas yang mengakibatkan perut kembung. Salah satu jenis makanan yang dapat menyebabkan gas dan kembung saat tidak tercerna dengan baik adalah karbohidrat. Jadi sahabat, sangat tidak dianjurkan sekali makan karbohidrat sambil berdiri.

Minum sambil berdiri mengakibatkan cairan tidak tersaring dengan baik. Jika dilakukan secara terus menerus, kotoran akan mengendap pada ginjal. Endapan-endapan tersebut akan menumpuk dan akan mengkristal. Penyakit ini disebut juga batu ginjal. Jika terdapat batu ginjal, kita akan sulit dan sakit ketika buang air.

Maka dari itu Sahabat, makan dan minum sambil duduk itu bukan hanya lebih sopan namun juga jauh lebih sehat. Yuk Sahabat, kita terapkan kebiasaan baik ini dalam keseharian kita.

Share it on