News

Lebih Baik Mana Olahraga Pagi atau Sore Hari ?

Saat ini kesadaran masyarakat akan pentingnya berolahraga semakin meningkat. Sudah makin banyak orang-orang semakin tertarik untuk berolahraga, seperti bersepeda ataupun jogging. Orang-orang menyempatkan dirinya untuk berolahraga, pagi, sore, maupun malam hari. Yuk kita simak Lebih Baik Mana, Olahraga Pagi atau Sore Hari ?

Karena ketertarikan pada olahraga meningkat di masyarakat. Sering kali di pertanyakan, kapan waktu yang paling ideal untuk berolahraga. Apakah pagi, sore ataukah malam hari? Agar mereka mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari olahraganya.

Tidak dapat ditentukan kapan waktu yang paling ideal untuk berolahraga. Sebab, ritme sirkadian tiap orang itu berbeda-beda. Ritme sirkadian adalah ritme yang mengatur keadaan tubuh, baik fisik, mental dan prilaku seseorang berdasarkan waktu dan kebiasaan.

Lebih Baik Mana, Olahraga Pagi atau Sore Hari ?

Para ahli pun tidak dapat menentukan waktu kapan yang paling ideal untuk berolahraga. Sebab, para ahli menyimpulkan bahwa berolahraga itu menghasilkan manfaat yang berbeda-beda di tiap-tiap waktunya. Setiap waktunya memiliki kelebihan masing-masing.

Manfaat berolahraga di pagi hari

Banyak orang yang lebih memilih pagi hari sebagai waktu yang tepat untuk berolahraga. Dengan alasan, di pagi hari udaranya masih terasa segar, dan mataharinya tidak terlalu panas. Hal ini memang merupakan salah satu kelebihan dari berolahraga di pagi hari. Selain hal tersebut, masih banyak lagi manfaat berolahraga di pagi hari, antara lain :

  • Membuat tubuh lebih berenergi untuk melanjutkan aktivitas lainnya,
  • Meningkatkan mood karena dapat menghasilkan hormon endorfin,
  • Meningkatkan kinerja metabolisme tubuh,
  • Jadi lebih produktif, karena berolahraga pagi hari dapat meningkatkan konsentrasi,
  • Membantu mengontrol nafsu makan dan pola istirahat.

Manfaat berolahraga di sore hari

Bagi orang yang hanya memiliki waktu luang pada sore hari, sempatkanlah berolahraga di sore hari juga banyak manfaatnya. Antara lain :

  • Dapat menghilangkan stress setelah bekerja,
  • Penggunaan energi cenderung lebih efektif, sebab oksigen pada sore hari lebih mudah diserap oleh tubuh,
  • Otot-otot dalam kondisi yang ideal untuk berolahraga, sebab pada sore hari suhu tubuh meningkat dan dapat menghangatkan otot-otot.

Sangat dianjurkan untuk berolahraga diluar ruangan (outdoor). Sebab, akan lebih banyak manfaat yang didapatkan. Olahraga outdoor yang biasa dilakukan adalah bersepeda, senam, dan juga jogging.

Baca Juga : Bersepeda, Olahraga Santai yang Menyehatkan

Olahraga jogging

Jogging merupakan salah satu cara yang baik untuk membentuk massa otot, membakar kalori, mengurangi jaringan lemak tubuh, dan menjaga kesehatan jantung. Olahraga ini bahkan disebut lebih efektif membakar lemak perut dibanding angkat beban. Tak hanya itu, jogging juga memiliki beragam manfaat, diantaranya :⠀

  1. Menurunkan berat badan dan mencegah obesitas.
  2. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.
  3. Mengurangi kolesterol serta menjaga kadar gula darah dan tekanan darah tetap stabil.
  4. Mencegah diabetes, stroke, dan penyakit jantung.
  5. Memperbaiki suasana hati, meredakan stres, dan mengurangi risiko depresi.
  6. Membuat tidur lebih nyenyak.

Berbicara olahraga lari, Rasulullah juga pernah melakukannya. Diceritakan oleh Aisyah ra : “Rasulullah mendahuluiku, kemudian aku mendahului beliau, begitulah seterusnya. Hingga saat badanku sudah gemuk, kami pernah berlomba dan beliau yang memenangkan perlombaan itu. Kata beliau : ‘Kemenangan kali ini merupakan balasan atas kekalahan yang lalu.’ “ (HR. Ahmad dan Abu Daud).

Hadits ini bercerita tentang perlombaan lari antara Rasulullah dengan istrinya. Para sahabat juga terbiasa melakukan perlombaan lari cepat, dan Rasulullah mengizinkannya. Lari adalah salah satu olahraga paling mudah yang bisa kita lakukan karena tanpa harus menggunakan alat tertentu.

Yuk sahabat, Itulah Lebih Baik Mana, Olahraga Pagi atau Sore Hari ?di masa new normal ini, kita rutinkan untuk berolahraga. Agar tubuh kita terjaga dari berbagai macam penyakit dan tetap sehat dan bugar.

Share it on