News

Lima Perkara Sebelum Lima Perkara Menimpamu

Manfaatkan Lima Perkara Sebelum Lima Perkara Menimpamu

Kak kita harus terus ingat untuk Manfaatkan Lima Perkara Sebelum Lima Perkara Menimpamu. Apa saja lima perkara tersebut? Berikut penjelasannya…

Kak, kehidupan kita ini hanya sebentar. Tanpa kita sadari, waktu pun terus berjalan, tak bisa dihentikan dan tak bisa diulang. Maka dari itu, Hasan Al Bashri rahimahullah berkata : “Dunia itu hanya memiliki tiga hari : (1). Hari kemarin, yang tak akan terulang (2). Hari esok, yang belum tentu menemuinya, dan (3). Hari ini, itulah yang menjadi milikmu, maka isilah dengan amalan”.

Karena hari esok adalah belum tentu, kita harus manfaatkan hari ini untuk mencapai berbagai macam kebaikan. Kebaikan sekecil apapun pasti Allah balas. Allah berfirman : “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” (QS. Az-Zalzalah : 7).

Seorang mukmin itu harus mengisi waktu di tiap-tiap harinya dengan kebaikan. Jangan pernah menunda-nunda sesuatu, sebab menunda itu sia-sia. Rasulullah pun bersabda : “Menunda-nunda amal shalih itu salah satu tentara iblis yang penting. Betapa banyak orang yang tertipu karenanya.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abid Dunya dalam kitabnya Qashr Amal).

Menunda-nunda itu tercela, oleh karena itu Rasulullah pun mengingatkan kita untuk manfaatkan lima perkara, sebelum lima perkara menimpa kita. Rasulullah bersabda : “Jagalah lima hal sebelum lima hal. (1) Mudamu sebelum datang masa tuamu, (2) sehatmu sebelum datang masa sakitmu, (3) waktu luangmu sebelum datang waktu sibukmu, (4) kayamu sebelum miskinmu, (5) hidupmu sebelum matimu.” (HR. Hakim, dengan sanad yang sahih).

Manfaatkan Lima Perkara Sebelum Lima Perkara Menimpamu

1. Manfaatkan masa muda, sebelum datang masa tua

Kak, barangsiapa yang menjaga agama Allah pada usia muda, maka Allah akan menjaganya saat usianya semakin menua dan kekuatannya semakin melemah. Allah subhanahu wa ta’ala akan menjaga pendengaran, penglihatan dan akal pikirannya. Allah akan memuliakannya pada hari kiamat dengan memberi naungan, pada hari tiada naungan kecuali naungan-Nya.

Rasulullah memberikan nasehat kepada Ibnu Abbas, anak pamannya yang masih belia. Agar ia menggunakan masa mudanya untuk hal-hal bermanfaat. Terlebih pemuda adalah harapan ummat dan bangsa, diatas pundak merekalah masa depan kegemilangan.

2. Manfaatkan kesehatan, sebelum datang penyakit

Kesehatan merupakan nikmat Allah yang membuat kebanyakan manusia tertipu. Rasulullah bersabda : “Dua nikmat, kebanyakan manusia tertipu dengan keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al-Bukhari). Selagi kita sehat, kita harus memaksimalkan diri untuk beramal shalih. Karena ketika Allah angkat kesehatan kita, kita tidak bisa lagi beraktifitas dan beramal shalih secara maksimal.

3. Manfaatkan waktu luang, sebelum datang waktu sibuk

Disebutkan dalam hadits sebelumnya, Rasulullah bersabda : “Dua nikmat, kebanyakan manusia tertipu dengan keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al-Bukhari). Waktu luang itu harus kita gunakan dengan optimal. Gunakan untuk beristirahat, beribadah, dan beramal shalih. Karena ketika sudah datang sebuah kesibukan. Kita tidak lagi memiliki cukup waktu untuk beramal shalih secara maksimal.

Baca juga : Manfaatkan Waktu Untuk Kebaikan

4. Manfaatkan kekayaan, sebelum datang kemiskinan

Kekayaan yang kini kita miliki mesti kita gunakan dalam jalan kebaikan.Yakni dengan bersedekah, berinfaq, wakaf, dan amal shalih lainnya. Jangan hanya gunakan uang yang kita miliki sebagai pemuas nafsu saja. Sebab, ketika telah datang kemiskinan padamu, maka tidak bisa lagi kita untuk banyak beramal seperti disaat kita kaya.

5. Manfaatkan hidup, sebelum datang kematian

Hidup di dunia ini hanya sekali, dan hanya sebentar saja. Maka kita harus jadikan hidup yang hanya sebentar ini sebagai sarana kita memperbanyak pahala di sisi Allah. Sebab, ketika telah datang kematian. Maka terputus semua pahala kecuali 3 hal, yaitu (1) Amal jariyah, (2) Ilmu yang bermanfaat, dan (3) Doa anak yang shalih. Maka selagi kita hidup, yuk kita wujudkan ketiga hal tersebut untuk tabungan kita diakhirat kelak.

Kak, manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara menimpamu. Dengan demikian Insya Allah kita akan mendapatkan keselamatan di dunia dan di akhirat. Aamiin…

Share it on