Griya Yatim & Dhuafa

Luangkan Akhir Pekan Dengan Menghadirkan Hewan Qurban

Qurban Online – Bulan ini kita sudah memasuki bulan idul adha tepatnya di bulan dzulhijjah, maka kita perlu luangkan waktu . Maka yuk Luangkan Akhir Pekan Dengan Menghadiri Hewan Qurban

Sahabat dermawan, sudah menikmati akhir pekan ini, mungkin ada yang mengisi dengan berbelanja kebutuhan keluarga atau menyenangkan si kecil, karena suatu ibadah juga untuk menyenangkan sanak family, jangan berlebihan ya.

Berikut cara qurban yang bisa kamu lakukan, diantaranya yaitu :

  • Niat 

Setiap ibadah mesti dimulai dengan niat. Niatkan diri untuk beribadah qurban di Hari Raya Idul adha hanya pada Allah SWT.

  • Pilih-lah hewan yang akan dikurban

Kategori hewan kurban adalah hewan ternak dapat berupa unta, sapi, kambing, dan domba. Di Indonesia yang paling umum adalah sapi dan kambing.2. Memilih hewan kurban dan menyisihkan harta

Anda dapat berkurban senilai satu ekor hewan ternak tersebut. Untuk satu ekor sapi, boleh pula dibagi dengan tujuh orang lainnya.

Setelah menentukan hewan kurban, sisihkan pula harta atau rezeki untuk berkurban.

Di Griya Yatim & Dhuafa untuk kelompok sapi ukuran sedang sekitar Rp2,4 juta  juta 1/7 sapi. Sedangkan harga domba kurban Rp2,6 juta. Dan Rp16,8 juta untuk 1 ekor sapi.

  • Mendaftar ke panitia kurban

Pelaksanaan kurban dapat dilakukan sendiri atau melalui panitia kurban yang biasanya terdapat di masjid atau suatu wilayah. Panitia kurban akan mempersiapkan segala sesuatu termasuk membeli hewan kurban.

Tanyakan pada panitia kurban mengenai ketentuan pembayaran dan pelaksanaan kurban dengan detail.

  • Menyembelih kurban

Waktu menyembelih kurban dapat dilakukan tepat pada Hari Raya Idul Adha 2021 atau pada hari tasyrik 11-13 Dzulhijjah. Terdapat sejumlah syarat, rukun, dan ketentuan yang harus diikuti ketika menyembelih hewan kurban.

Penyembelihan juga bakal mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona.

  •  Membagikan hewan kurban

Esensi berkurban adalah membagikan hewan kurban kepada keluarga, tetangga, kerabat, dan fakir miskin. Hewan kurban dapat diolah dan dinikmati bersama setelahnya.

Membagikan hewan kurban juga dilakukan sesuai protokol kesehatan. Hewan kurban mesti dibersihkan dan dimasak dengan matang untuk mencegah berbagai penyakit.

Karena Allah tidak menyukai orang yang gemar berlebih-lebihan, termasuk dari menyia-nyiakan harta, karena sebagian dari rezeki kita pun ada kewajiban untuk memberi dan berbaik hati, sebagai rasa syukur kita kepada Allah atas nikmatnya.

Maka dari itu, mari kita hadirkan kegembiraan bagi adik Yatim & keluarga dhuafa dalam momentum hari raya idul adha, dengan berqurban melalui:

https://donasiberkah.id/categories/Qurban

https://donasiberkah.org/qurban

English EN Indonesian ID
Scroll to Top