Griya Yatim & Dhuafa

Luasnya Pengampunan Allah

Luasnya Pengampunan Allah
                                         Luasnya Pengampunan Allah

Donasiberkah – Kak, sudahkah kita muhasabah diri mengenai kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan. Sebab setiap orang tentu memiliki kesalahan sehingga tidak ada yang terbebas dari dosa. Bagi mereka yang berpikir, tentu saja akan memohon ampunan dari Allah Ta’ala. Namun bagaimana untuk membersihkannya?  Ada amalan penghapus dosa yang bisa dilakukan. Inilah artikel tentang luasnya pengampunan Allah, yuk kita simak.

Allah Maha Pengampun

Ketahui lah bahwa Allah memiliki sifat maha pengampun dan menerima taubat dari para makhluknya. Sebesar apapun kesalahan yang pernah dibuat selama di dunia. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :Mengapa mereka tidak bertobat kepada Allah dan memohon ampunan kepada-Nya? Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. Al-Ma’idah : 74).

Baca Juga : Tatkala Hati Bersedih

Kak, jika kita mengingat kisah Nabi Yunus yang saat itu dimakan ikan paus karena meninggal kan perintah dakwah kepada umatnya. Hingga akhirnya ia diberikan kesempatan untuk meminta ampunan, lalu Allah yang Maha Pengampun mengampuni kesalahan Nabi Yunus. Begitu juga dengan Raja Namruj yang pernah diberi kesempatan oleh Allah untuk minta ampunan namun di sia-siakan. Maka jika kita kita memiliki salah sesungguhnya Allah Maha Pengampun.

Allah Akan Mengampuni Kesalahan Dengan AmpunanNya

Sebagaimana hadits dari Anas Radhiallahuanhu dia berkata: saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Allah Ta’ala berfirman : “Wahai anak Adam, sesungguhnya engkau berdoa kepada-Ku dan memohon kepada-Ku, maka aku ampuni engkau, Aku tidak peduli (berapa banyaknya dan besarnya berapun banyaknya dan besarnya dosamu). Wahai anak Adam seandainya dosa-dosamu (sebanyak) awan di langit kemudian engkau meminta kepada-Ku niscaya akan Aku ampuni engkau. Wahai anak Adam sesungguhnya jika engkau datang kepada-Ku dengan kesalahan sepenuh bumi kemudian engkau menemui-Ku dengan tidak menyekutukan Aku sedikitpun maka akan Aku temui engkau dengan sepenuh itu pula ampunan.” (HR. Tirmidzi).

Luasnya Pengampunan Allah
 Luasnya Pengampunan Allah

Kak, di dalam hadits tersebut terdapat pelajaran, bahwa ketika seseorang berdoa Allah pasti akan mengabulkan setiap doa-doa yang dipanjatkan. Dan sesungguhnya maaf Allah dan ampunannya sangat luas dan dari dosa setiap hambanya jiak dia meminta ampun dan bertobat. Selanjutnya bahwa Allah membuka pintu rahmat bagi ahli maksiat untuk segera bertobat.

Kemurahan  Allah Untuk Hambanya

“Maka mengapa mereka tidak bertobat kepada Allah dan memohon ampun kepada-Nya? Dan Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Maidah : 74).

Sebagaimana di dalam Al-Qur’an surat Al-Mu’minun ayat 118, “Dan katakanlah, ‘Ya Rabbku, berilah ampunan dan berilah rahmat, dan Engkau adalah pemberi rahmat yang paling baik.”

Baca Juga : Yuk Hidupkan Hati Dengan Memberikan Nutrisinya

Jangan Berputus Asa Atas Kesalahan Yang Kita Perbuat

Kak, janganlah kita berputus asa atas kesalahan dan dosa-dosa yang kita lakukan, sesungguhnya ampunan Allah sangatlah luas. Maka ketika kita melakukan kesalahan hendaknya langsung memohon ampun atas kesalahan tersebut. Semoga Allah mengampuni setiap kesalahan yang kita lakukan. Aamiin. Yuk #SahabatDermawan Kunjungi dan Berbagi Kebaikan melalui link : https://berbagi.link/griyayatim

English EN Indonesian ID
Scroll to Top