News

Makanan dan Minuman Bantu Mengatasi Insomnia

Ada banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari tidur dimalam hari. Misal, mencegah penyakit kronis, membantu metabolisme, dan meningkatkan sistem pencernaan. Manfaat yang kita dapat pun akan lebih maksimal bergantung pada kualitas tidur kita. Maka Coba Makanan Dan Minuman Ini Agar Bantu Mengatasi Insomnia. Juga agar kita mendapat tidur yang berkualitas.

Apa yang kita makan dan minum dapat berpengaruh banyak pada kualitas tidur. Jenis makanan dan minuman tertentu bahkan dinilai ampuh untuk mengatasi gangguan tidur umum seperti insomnia. Insomnia merupakan gangguan tidur dimalam hari yang disebabkan stress, depresi, dan gaya hidup tidak sehat.

Makanan dan minuman memang tidak langsung menghilangkan insomnia. Terlebih lagi, insomnia dipengaruhi oleh banyak faktor yang mungkin sudah berlangsung menahun. Akan tetapi, keduanya bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak dengan banyak cara.

Yuk Kak, langsung saja coba makanan dan minuman ini agar bantu mengatasi insomnia:

  1. Daging Ayam

Melansir American Sleep Association, daging ayam bisa membantu Anda tidur nyenyak karena mengandung triptofan. Triptofan dibutuhkan dalam produksi melatonin, melatonin adalah hormon yang mengatur siklus tidur.

  1. Susu Hangat

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa minum susu pada malam hari bisa membantu mengatasi masalah tidur. Maka sangat disarankan bagi kakak yang susah tidur, untuk mengkonsumsi susu hangat sebelum tidur. Ini dikarenakan kandungan triptofan dan melatonin yang membuat tidur lebih nyenyak.

Coba Makanan Dan Minuman Ini Agar Bantu Mengatasi Insomnia

  1. Madu

Minum madu sebelum tidur juga akan memicu produksi insulin. Hormon ini juga membuat lebih banyak triptofan masuk ke dalam otak. Triptofan menimbulkan rasa kantuk sehingga kamu dapat tidur lebih lelap. Madu kaya akan glukosa yang berguna untuk memberitahu otak untuk menurunkan kinerja oreksin.

  1. Pisang

Pisang juga merupakan buah yang mengandung kaya triptofan dan melatonin. Kandungan ini nantinya diubah menjadi serotonin dan akhirnya dapat membuat tidur lebih nyenyak. Pisang juga mengandung magnesium yang dapat membuat otot-otot lebih rileks. Ini juga dapat membuat tidur lebih nyenyak.

  1. Almond

Kacang almond ini juga sering dijadikan campuran dalam olahan coklat. Ternyata kacang almond juga dapat membuat tidur lebih berkualitas. Sama seperti pisang, kacang almond juga mengandung magnesium yang dapat merilekskan otot-otot. Sehingga tidur jadi lebih nyenyak. Kacang almond ini sangat cocok untuk kakak yang menderita insomnia dan juga sedang jaga berat badan.

Baca Juga : Lawan Bakteri dan Virus dengan Antibodi dari Makanan Bergizi

  1. Relaxing tea

Kebanyakan teh memang lebih banyak mengandung kafein sehingga membuat kita malah sulit tidur. Tapi ada jenis teh yang malah membuat kita lebih rileks dan jadilebih mudah tidur. Teh yang satu ini sering disebut sebagai relaxing tea. Ada beberapa macam jenis relaxing tea, bergantung pada daun yang digunakan. Daun yang sering digunakan untuk relaxing tea adalah Matricaria chamomilla. Dan diolah menjadi teh chamomile.

  1. Olahan kedelai

Tahu, susu kedelai, dan tempe kaya akan isoflavon. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan produksi serotonin, zat kimia di otak yang membuat kita mengantuk. Dilaporkan oleh studi Nutrition Jurnal pada 2015, orang yang mengonsumsi dua porsi makanan terbuat dari kedelai per hari membuat mereka tidur lebih pulas.

Jadi Kak, selain mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut, jangan lupa membiasakan tidur dan bangun pada jam yang sama. Kebiasaan sehat ini akan membuat siklus tidur kamu menjadi lebih teratur.

Share it on