News

Makanan Yang Dapat Menangkal Resiko Kanker

Kanker disebabkan adanya paparan radiasi dan juga pola hidup yang tidak sehat. Oleh sebab itu, kita mesti menjaga pola hidup yang sehat, seperti tidak bergadang, rutin berolahraga, dan juga mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat. Maka inilah Makanan Yang Dapat Menangkal Resiko Kanker, yuk kita simak apa saja ya.

Tahukah Kak? makanan tertentu memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Beberapa di antaranya bahkan dapat menurunkan resiko kanker. Makanan ini sangat dianjurkan, terutama bagi yang sering mengkonsumsi makanan dengan bahan kimia tambahan, seperti pewarna, penyedap rasa, dan pengawet buatan.

Makanan-makanan ini rendah kandungan lemak dan kalori, namun kaya akan antioksidan yang membantu menurunkan resiko kanker.

Inilah Makanan Yang Dapat Menangkal Resiko Kanker, diantaranya yaitu :

Makanan Yang Dapat Menangkal Resiko Kanker

  1. Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane yang diyakini bermanfaat sebagai zat antikanker. Dalam sebuah hasil uji coba, ditemukan bahwa sulforaphane dapat mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara hingga 75%, serta menurunkan risiko terjadinya kanker usus. Uniknya, zat sulforaphane pada brokoli hanya muncul ketika brokoli tersebut dihancurkan dan di kunyah.

  1. Kunyit

Rempah ini mengandung kurkuma yang diyakini dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker, memperlambat penyebaran kanker, dan mengecilkan tumor. Maka dari itu, sejak dahulu kunyit pun sudah digunakan sebagai campuran dalam jamu.

  1. Buah beri

Kelompok buah beri, seperti strawberry dan blueberry, kaya akan pigmen anthocyanin yang merupakan antioksidan. Dalam sebuah uji coba, ditemukan bahwa ekstrak buah beri dapat mengurangi perkembangan sel kanker hingga 7%. Pada tingkatan kadar anthocyanin, buah bluberi memiliki kadar anthocyanin yang paling tinggi diantara buah beri lainnya.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan makanan yang kaya akan antioksidan dan juga anti-inflamasi. Dalam sayuran hijau terkandung karotenoid yang disebut juga pigmen antioksidan. Warna hijau memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi. Karotenoid inilah yang dapat mencegah dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker.

  1. Jahe

Ekstrak jahe yang sering dijadikan minuman dan menimbulkan sensasi panas. Ternyata ekstrak jahe dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dengan cara mengganggu perkembang biakan sel kanker. Berdasarkan penelitian di University of Michigan, jahe membuat sel kanker ovarium mati. Tumor yang diinduksi pada hewan laboratorium juga terhambat ketika hewan diberi beta-ionone, komponen yang ditemukan dalam jahe.

Baca Juga : Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

  1. Kismis dan Anggur

Anggur memiliki banyak kandungan zat antioksidan, salah satunya adalah resveratrol. Resveratrol merupakan fitokimia yang memiliki hubungan dengan sebab menurunnya resiko kanker, serta penyakit jantung dan stroke. Resveratrol dapat menghambat pertumbuhan kanker dan tumor pada kelenjar getah bening, hati, lambung dan payudara serta membunuh tumor dari leukemia dan kanker usus besar.

  1. Kurma

Kurma merupakan makanan yang sering kita konsumsi ketika bulan Ramadhan. Tapi jangan menunggu bulan Ramadhan untuk mengkonsumsi kurma. Sebab kurma memiliki manfaat untuk menurunkan resiko kanker.

Kandungan polifenol yang terkandung dalam kurma memiliki kadar lebih tinggi ketimbang buah atau sayuran lain yang sering kita konsumsi. Polifenol dan vitamin B6 yang terkandung pada kurma dapat mencegah jenis kanker tertentu.

  1. Apel

Apel memiliki kandungan polifenol yang disebut procyanidins. Procyanidins merupakan antioksidan yang dapat memicu serangkaian sinyal sel yang membuat sel-sel kanker dalam tubuh mati.

  1. Bawang putih

Bawang putih terkenal dengan kandungan sulfur nya yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dapat melawan kanker dan mencegah pertumbuhan tumor. Lebih baik untuk mengkonsumsi bawang putih secara langsung (tidak dimasak). Sebab,jika dimasak, kandungan utama pada bawang putih akan memudar bahkan hilang.

Kak, itulah Makanan Yang Dapat Menangkal Resiko Kanker. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut, InsyaAllah kita akan terlindungi dari penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker, tumor, serangan jantung, dan lainnya.

Share it on