Griya Yatim & Dhuafa

Makna Dzikir Bagi Hati Dan Manfaatnya

admin

Sahabat Dermawan, sehubungan dengan kebutuhan meningkatkan kwalitas ketaatan kita kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, maka janganlah kita lupa untuk selalu berzikir (mengingat Allah) meskipun dalam hari-hari yang penuh kesibukan. Dzikir bagi hati ibarat air bagi ikan, apa jadinya bila ikan dikeluarkan dari air? maka yang terjadi ikan tersebut akan mati. Sama halnya dengan hati kita kak, jika hati tidak senantiasa berdzikir maka hati pun akan mati.

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Allah dengan yang tidak berdzikir itu seperti orang yang hidup dengan orang yang mati.” (HR. Bukhari).  Kak, berdzikir adalah suatu amalan yang agung dan bermanfaat untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Allah telah memerintahkan kita kak, supaya untuk senantiasa banyak-banyak berdzikir  kepadaNya.  

Sebagaimana Allah Azza wa Jalla berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah dengan menyebut nama Allah dengan dzikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS. Al-Ahzab: 41)

Makna Dzikir Bagi Hati Dan Manfaatnya

Dan dzikir merupakan makanan bagi hati dan ruh kita kak, apabila seseorang  kehilangan (tidak berdzikir) maka sama halnya tubuh tidak mendapatkan makanan pokok. Dengan berdzikir akan menghilangkan kesedihan dan kegelisahan dari hati, serta mendatangkan kegembiraan, memberikan cahaya bagi hati dan wajah, memberikan kewibawaan serta mendatangkan kecintaan kepada Allah Azza wa Jalla dan menjadikan seorang hamba diingat oleh Allah.

Sebagaimana Allah Azza wa Jalla berfirman : : “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepadaKu, dan janganlah kamu mengingkari nikmatKu.” (QS. Al-Baqarah : 152). Meskipun dzikrullah itu sangat ringan untuk dilakukan, tetapi pahalanya tidak dapat di bandingkan dengan amal ibadah yang lain.

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa mengucapkan Subhanallah (Maha suci Allah dengan segala pujian bagiNya) niscaya ditanamkan baginya sebatang kurma di surga.” (HR. At-Tirmidzi). Berdzikir juga merupakan media komunikasi antara hambanya dengan RabbNya. Dengan berdzikir seorang hamba akan merasa dekat dengan Allah.

Baca Juga : Selamatkan hati dari sifat ujub dan terlena

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Maukah kalian aku beritahukan tentang amalan yang paling baik, paling suci di sisi Rabbmu, paling dapat mengangkat derajatmu, yang lebih baik bagimu dari pada infak emas dan perak, dan lebih baik bagimu dari pada jika kalian menjumpai musuh lalu kalian tebas leher-leher mereka atau mereka memenggal leher-leher kalian? Para sahabat menjawab, “Baiklah”, “Berzikirlah kepada Allah.” (HR Tirmidzi dari Abu Darda).

Kak, ternyata dzikir yang kita lakukan mempunyai manfaat yang sangat luar biasa di dalam kehidupan kita kak. Manfaatnya yaitu :

  1. Menghilangkan kegundahan hati

Hati merupakan salah satu bagian dari jiwa yang sangat mudah galau. Galau yang membuat luka pada hati tentu sukar untuk dihilangkan. Manusia memang memiliki batasan untuk rasa sabar yang ada. Karena itu, alangkah baiknya untuk memperbaiki diri dengan tetap menghilangkan gundah dalam hati. Caranya yaitu dengan melakukan dzikir (selalu mengingat Allah). Hal ini sangat baik untuk membuat diri menjadi lebih sabar dan selalu mengingat akan Allah Azza wa Jalla.

  1. Mengusir setan

Kak, di dalam menjalani kehidupan ini terdapat beragam makhluk,  makhluk yang baik dan buruk memang sangat mempengaruhi hati manusia. Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan setan buruk yaitu dengan berdzikir pada setiap keadaan. Setan yang mendengar bacaan dzikir akan merasakan panas dan tidak mudah untuk mendekati . Jadi, untuk terhindar dari syaitan maka wajib untuk melakukan amalan-amalan dzikir.

  1. Diampuni dosanya

Manusia seringkali melakukan sebuah kesalahan, meskipun terkadang diri sendiri tidak melihatnya secara langsung. Kesalahan secara tidak sengaja ini sering diakibatkan karena adanya kesenjangan pada beberapa orang. Jika anda tidak merasa melukai hati seseorang maka tetaplah untuk memohon akan maaf yang diberikan oleh Allah. Sesungguhnya, Allah maha pengampun akan segala dosa yang telah diperbuat. Namun, setelah melakukan dosa tersebut anda tidak diperbolehkan lagi untuk mengulanginya. Bagaimana mungkin seseorang ingin mengulangi dosa yang sama. Seharusnya lebih bisa berpikir akan dirinya untuk lebih bermanfaat.

Yuk kak, kita jaga dzikir kita. Karena dengan berdzikir hati akan menjadi tentram dan Allah akan selalu memudahkan di dalam urusan kita kak.

92 views