Griya Yatim & Dhuafa

Makna Sedekah Yang Sesungguhnya

Makna Sedekah Yang Sesungguhnya
                                 Makna Sedekah Yang Sesungguhnya

Donasiberkah.id – Kak, mungkin kita sering mendengar kata “Sedekah” atau bahkan kita pelaku yang mengamalkan amalan sedekah. Namun apakah kita sudah paham dengan makna sedekah itu sendiri? Sedekah adalah bahasa Indonesia, namun berasal dari bahasa Arab yakni “Shadaqah” berasal dari kata sidiq  yang berarti benar.

Baca Juga : Sedekah Ringan Namun Memberatkan Timbangan

Amalan Yang Dicintai Allah 

Sedekah sebuah amalan yang sangat Allah cintai. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya dalil-dalil baik dari Al-Qur’an maupun hadits-hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Salah satunya terdapat di dalam surah Al-Baqarah ayat 271,

“Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Baqarah: 271).

Bersedekah dengan hati yang ikhlas bisa membuat sedekah yang dilakukan semakin berkah, bernilai lebih dan dibalas dengan kebaikan-kebaikan lain yang lebih mengesankan. Banyak atau sedikit sedekah yang dilakukan, jika hal itu dilakukan ikhlas karena Allah semata, sedekah yang dilakukan akan mendatangkan berbagai kebaikan dan  juga keberkahan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Apa yang di belanjakan oleh seseorang untuk keluarganya adalah sedekah. Sekalipun ia hanya memberikan sepotong makanan untuk dikonsumsi oleh istrinya, niscaya akan mendapatkan pahala.(HR. Bukhari dan Muslim).

Namun apa saja keutamaan sedekah yang kita tunaiakan? Berikut adalah keutamaan-keutamaan dari sedekah:

Sedekah Menghapus Kesalahan-Kesalahan (Dosa)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa bersabda : “Maukah aku tunjukkan kepadamu berbagai pintu kebaikan? Puasa itu perisai, Sedekah bisa menghapus kesalahan sebagaimana air bisa memadamkan api,…” (Hr. Tirmidzi).

Makna Sedekah Yang Sesungguhnya
 Makna Sedekah Yang Sesungguhnya

Maka, sungguh luar biasa orang Mukmin yang hendak menghapus kesalahan-kesalahan yang telah mereka perbuat. Sedekah ini, jalan yang terbaik yang Allah berikan kepada hambanya. Sebuah keutamaan pada sedekah yang dapat membersih kan dan juga menghapus kesalahan-kesalahan orang Mukmin.

Allah Akan Melipat Ganda Pahala 

Kak, di dalam melaksanakan  sedekah, janganlah takut miskin atau rugi. Sebab Allah telah menjanjikan akan membalas dengan balasan yang berlipat ganda baik di dalam Al-Qur’an dan juga hadis Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, salah satunya Allah Ta’ala berfirman : 

“Perumpamaan orang yang berinfak di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan pahala bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Maha luas karunia-Nya lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 261). 

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18).

Baca Juga : Raih Hadiah Besar Dari Allah Dengan Sedekah

Itulah beberapa keutamaan dan keistimewaan dari sedekah yang kita tunaikan, masih banyak keutamaan yang lainnya. Oleh karena itu, yuk tunaikan sedekah secara rutin di Laznas Griya Yatim & Dhuafa, melalui link kebaikan di bawah ini:

Donasi Sekarang Griya yatim
             Donasi Sekarang Griya yatim
English EN Indonesian ID
Scroll to Top