Griya Yatim & Dhuafa

Manfaat Bermain di Luar Ruangan Bagi Anak

Sahabat Dermawan,berbagai alasan seperti game dan gadget dapat membuat anak-anak lebih suka berada di rumah ketimbang bermain di luar rumah. Padahal ada banyak sekali manfaat bermain di luar ruangan untuk kesehatan anak, lho.

Anak usia dibawah lima tahun (balita) dan anak-anak disarankan untuk bermain di luar ruangan minimal satu jam setiap harinya. Hal ini sangatlah penting untuk mereka, karena ada banyak hal yang tidak bisa didapatkan hanya dengan bermain dan berdiam di dalam ruangan kak.

Mengasah Kemampuan Anak

Dengan anak bermain di luar ruangan, maka si anak tersebut akan banyak mengenal dan mengasah kemampuan  gerak yang ia miliki. Hal ini dikarenakan saat anak bermain di luar ruangan, anak akan merasa aktif bermain. baik berlari, bercanda maupun tertawa. Tubuh mereka diharuskan untuk selalu bergerak dengan aktif, dari sinilah kemampuan si anak akan terbentuk secara perlahan.

Manfaat Bermain di Luar Ruangan Bagi Anak

Mendukung kesehatan tulang, kulit, hingga suasana hati

Kak, ketika si anak bermain di luar ruangan, anak akan mendapatkan paparan sinar matahari secara langsung yang dapat membantu tubuhnya merangsang produksi vitamin D. Paparan sinar matahar sangatlahi penting untuk perkembangan tulang dan sistem kekebalan tubuh anak.

Selain itu, sinar matahari juga bisa membantu mengatasi beberapa masalah kulit pada anak, meningkatkan kualitas tidur, serta membuat mood anak lebih baik.

Mendukung kesehatan fisik secara keseluruhan

Anak yang menghabiskan waktunya di luar ruangan akan lebih cenderung  aktif secara fisik maupun mental, dibandingkan anak yang menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam ruangan.

Baca Juga : Jangan Keliru Dalam Mendidik Anak

Hal ini dapat mendukung perkembangan otot dan tulang, serta menurunkan risiko anak mengalami  penyakit seperti kelebihan berat badan, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Meningkatkan kreativitas dan keberanian anak

Sahabat, anak akan belajar banyak hal saat ia bermain di luar ruangan, termasuk kemampuan menyelesaikan tantangan, mengatur strategi, menentukan prioritas, melakukan negosiasi, menerima penolakan, dan mengambil sebuah keputusan.

Anak akan Menjadi Tenang dan Positif

Saat anak bermain di luar ruangan, maka ia akan langsung terkena sinar matahari yang berfungsi untuk mengaktifkan kelenjar pineal yang dapat mendorong otak untuk selalu menimbulkan rasa positif sehingga sekecil akan lebih bahagia dan bergembira. Tidak mudah stres dan bersemangat.

Sahabat dermawan, Oleh karena itu, yuk, dukung anak untuk bermain di luar ruangan. Kebiasaan bermain di luar ruangan atau di luar rumah akan mendukung kesehatan fisik dan mental anak.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top