Griya Yatim & Dhuafa

Manfaat Besar Bagi Orang Yang Selalu Berdoa

Griya Yatim Dhuafa
Manfaat Besar Bagi Orang Yang Selalu Berdoa
                                Manfaat Besar Bagi Orang Yang Selalu Berdoa

Donasiberkah.Id – Sahabat dermawan, kita ketahui bersama bahwa berdoa adalah kegiatan yang sederhana yang umum dilakukan. Dimana tujuannya untuk mengagungkan Allah yang maha kuasa. Dan sebagai salah satu cara manusia agar apa yang diinginkan terkabul. Selain itu dengan berdoa dapat mempermudah segala macam urusan kehidupan. Inilah artikel tentang manfaat baesar bagi orang yang selalu berdoa, yuk kita simak artikelnya.

Berikut ini manfaat Doa yang perlu kita ketahui :

Allah berfirman :“Dan Rabbmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al-Mu’minun : 60).

Asy Syaukani rahimahullah berkata dalam kitabnya Tuhfat Adz Dzakirin,   “Ayat ini memberikan faedah bahwa doa adalah ibadah dan orang yang  meninggalkan berdoa kepada Rabb yang Maha Suci adalah sebuah kesombongan, dan tidak ada kesombongan yang lebih buruk daripada kesombongan seperti ini. 

Bagaimana seorang hamba berlaku sombong tidak berdoa kepada Dzat yang merupakan Penciptanya, Pemberi rezeki kepadanya, Yang mengadakannya dari tidak ada dan pencipta alam semesta seluruhnya, pemberi rezeki nya, Yang Menghidupkan, Mematikan, Yang Memberikan ganjarannya dan yang memberikan sangsinya, maka tidak diragukan bahwa kesombongan ini adalah bagian dari kegilaan dan kekufuran terhadap nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala. 

Orang yang paling dimuliakan oleh Allah ta’ala

Dari Abu Hurairah r.a berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak ada sesuatu yang paling mulia di sisi Allah dibandingkan doa.” (HR. At Tirmidzi).

Para ulama telah mengatakan bahwa “kenapa doa adalah sesuatu yang paling mulia di sisi Allah dibandingkan yang lainnya” Karena di dalam doa terdapat bentuk sikap penghambaan kepada sang pencipta, sehingga manusia merasa rendah diri di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang memiliki kekuasan atas apa yang ada di langit dan dibumi.

Allah Subhanahu wa Ta’ala sangat, sangat, sangat menyukai hamba-Nya merendah diri kepada-Nya dan menunjukkan bahwa hanya Allah lah satu-satu-Nya Yang Berkuasa, Yang Maha Pengatur, yang Maha Pencipta, dan tidak ada sesuatu pun yang menyamainya.

Dengan doa kita melawan, menahan, meringankan bala dan musibah.

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Sikap kehati-hatian tidak menahan dari takdir, dan doa bermanfaat dari apa yang terjadi (turun) ataupun yang belum terjadi (turun) dan sesungguhnya bala benar-benar akan turun lalu dihadang oleh doa, mereka berdua saling dorong mendorong sampai hari kiamat.” (HR. Al Hakim no. 7739).

Sesungguhnya ia adalah salah satu sebab yang paling kuat menahan keburukan, mewujudkan permintaan, menahan dan melawan. Dan doa juga memiliki pengaruh atau hambatan sehingga menyebabkan tidak dikabulkannya doa. Berikut ini penyebabnya; makan harta yang haram, perbuatan zhalim, dosa-dosa yang menutupi hati, terlalu lalai, penuh hawa nafsu dan kelalaian. 

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, yang bersabda, “Barangsiapa yang tidak meminta pada Allah, maka Allah akan murka padanya.” (HR. Tirmidzi).

Seorang yang berdoa tidak pernah rugi

Dar Abu Sa’id  berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : Tidak ada seorangpun yang berdoa dengan sebuah doa yang tidak ada dosa di dalamnya dan memutuskan silaturrahim, melainkan Allah akan mengabulkan salah satu dari tiga perkara, baik dengan disegerakan baginya (pengabulan doanya) di dunia atau dengan disimpan baginya (pengabulan doanya) di akhirat atau dengan dijauhkan dari keburukan semisalnya”, para sahabat berkata: “Wahai Rasulullah, kalau begitu kami akan memperbanyak doa?” Beliau menjawab: “Allah lebih banyak (pengabulan doanya) (HR. Ahmad no.1633).

Doa bisa mengubah takdir

Doa memiliki kekuatan luar biasa. Dengan kehendak-Nya, doa dapat mengubah takdir. Maka minta apa yang diinginkan. Insyaallah dikabulkan.

Manfaat Besar Bagi Orang Yang Selalu Berdoa
Manfaat Besar Bagi Orang Yang Selalu Berdoa

Merupakan bentuk ibadah

Bentuk ibadah bisa sangat luas tidak hanya sebatas shalat wajib saja. Dikatakan, doa juga merupakan ibadah yang bisa mendatangkan pahala. Hal ini berdasarkan ungkapan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang bersabda, “Doa adalah ibadah” (HR. Abu Daud, At Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad).

Memperoleh rahmat dari Allah 

Berdoa juga mendatangkan rahmat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Seseorang yang berdoa dan senantiasa mengingat Rabbnya, maka hidupnya akan terasa mudah dan tenang. Hal ini dijelaskan dalam Alquran: “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-A’raf : 55-56).

Mendekatkan Diri pada Allah

Selain membantu tercapainya harapan, doa juga bisa mendekatkan diri pada Allah Ta’ala. Doa berarti berkomunikasi pada Allah. Semakin Anda sering berdoa maka semakin dekat Anda pada Allah Azza wa Jalla.

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintahKu) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah : 186).

Menghilangkan Kesulitan dan duka cita

Ketika Anda merasa hidup begitu sulit, sempit dan sumpek. Maka jangan ragu untuk membaca doa untuk menghadapi ujian seraya menengadahkan tangan keatas meminta kepada Rabb Semesta Alam, Allah Azza wa Jalla. Percayalah, bahwa tidak ada doa yang sia-sia. Jangan malas berdoa sebab doa bisa merubah kesulitan menjadi kemudahan, sekaligus menghilangkan duka cita.

Masih ingat dengan kisah Nabi Yunus yang ditelan oleh ikan paus? Satu hal yang membuat Nabi Yunus a.s lantas dapat keluar dari perut ikan yakni dikarenakan beliau senantiasa berdoa dan berdzikir kepada Allah Ta’ala.

Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, ‘Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Engkau. Maha Suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim’. Maka Kami kabulkan doanya dan Kami selamatkan dia dari kedukaan. Dan demikianlah Kami menyelamatkan orang-orang yang beriman.”  (QS. Al-Anbiya : 87-88).

Baca Juga : Inilah Waktu Yang Sangat Mustajab Untuk Berdoa

Yuk Kak, jadikan kisah di atas sebagai pelajaran di dalam kehidupan kita, jangan lupa untuk selalu bersyukur dengan menunaikan sebagian hartanya di jalan Allah, melalui link kebaikan di bawah ini :

Donasi Sekarang Griya yatim
               Donasi Sekarang Griya yatim

 

263 views