News

Manfaat Buah Naga Yang Baik Untuk Diet

Di balik bentuk dan rasanya yang sangat khas, buah naga ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Hal ini disebabkan buah naga merupakan buah yang kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh. Beberapa kandungan nutrisi pada buah naga antara lain : vitamin C, vitamin B2, vitamin B, magnesium, zat besi, kalsium, antioksidan. Itulah Manfaat Buah Naga Yang Baik Untuk Diet.

Berikut ini beberapa manfaat dari buah naga jika dikonsumsi secara teratur :

1.       Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah naga kaya akan flavonoid dan antioksidan yang dapat membunuh radikal berbahaya dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Buah naga juga merupakan sumber vitamin C yang jauh lebih baik daripada wortel. selain itu, kandungan vitamin B, kalsium, fosfor, niasin, dan serat dalam buah naga secara kolektif berkontribusi pada peningkatan fungsi kekebalan tubuh. Mengkonsumsi buah naga secara rutin dapat mempercepat proses penyembuhan, baik luka luar maupun luka dalam. 

2.       Mencegah diabetes

Sifat antioksidan dalam buah naga juga berfungsi untuk mencegah diabetes melitus. Sebab dapat membunuh sel-sel jahat yang biasanya dihasilkan dari pola makan yang tidak sehat.

Buah naga adalah sumber kaya serat, yang membantu menjaga kadar gula darah normal. Selain itu juga mampu mengurangi stres oksidatif yang dianggap sebagai salah satu akar penyebab resistensi insulin pada diabetes tipe 2.

Buah naga juga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, sebab kandungan gula dalam buah naga sangat sedikit. 

Manfaat Buah Naga Yang Baik Untuk Diet

3.       Membantu menurunkan berat badan

Sahabat, buah naga termasuk jenis buah yang rendah kalori. Dalam seporsi buah naga (sekitar 100 gram) hanya terdapat sekitar 60 kalori. Buah ini juga sama sekali tidak mengandung lemak sehingga sangat baik sebgai camilan selagi diet. Sebuah studi khusus yang dilakukan pada hewan yang dilakukan dalam Journal of Pharmacognosy Research menemukan, konsumsi buah naga membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Biji hitam yang ada didalam buah naga juga memiliki asam lemak omega yang cukup untuk mengurangi trigliserida. 

4.       Dapat mencegah kanker

Sama seperti buah merah lainnya, buah naga mengandung lycopene. Lycopene, yang bertanggung jawab sebagai penyedia warna merah pada buah naga, telah terbukti dapat merendahkan risiko terkena kanker prostat.

Tidak hanya lycopene, buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker. 

Baca Juga : Manfaat dari Konsumsi Bayam

5.       Mengatasi masalah pencernaan

Sebab buah naga itu kaya akan serat, jadi sangat baik untuk mengatasi dan memperlancar pencernaan. Mengkonsumsi makanan yang kaya serat dapat mengatasi sembelit. Dengan lancarnya pencernaan, maka akan lebih membantu untuk menurunkan berat badan. 

6.       Mencegah tekanan darah naik

Kandungan lycopene pada buah naga merah, selain memiliki fungsi sebagai zat yang dapat mencegah kanker juga mampu menurunkan tekanan darah serta menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Hal ini tidak lain karena kandungan dari biji buah naga yang ternyata sangat kaya akan lemak omega 3 serta omega 6, dimana kedua jenis lemak omega tersebut mampu membantu tubuh untuk meringankan gangguan kardiovaskular.

Sahabat, Itulah Manfaat Buah Naga Yang Baik Untuk Diet, Yuk kita mulai hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi buah buahan dengan porsi yang ideal.

Share it on