Griya Yatim & Dhuafa

Manfaat Dalam Mengajak Kebaikan

Manfaat Dalam Mengajak Kebaikan
    Manfaat Dalam Mengajak Kebaikan

Donasiberkah – Sahabat dermawan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Ahmad, At-Thabrani dan Ad-Daruqutni). Maka untuk meraih predikat manusia yang terbaik, haendaknya kita sama-sama mengajak dalam melakukan kebaikan. Mulai dari yang terkecil sampai mungkin yang terbesar, sehingga dampak perbuatan baik itu bisa bermanfaat bagi orang lain maupun diri kita.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” ( HR. Muslim).

Baca Juga : Di Pagi Hari Terdapat Keberuntungan Dan Keberkahan⠀

“Barang siapa mengajak (manusia) kepada petunjuk, maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun. Dan barang siapa mengajak (manusia) kepada kesesatan maka ia akan mendapatkan dosa seperti dosa-dosa orang yang mengikutinya. Tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun .”

Di dalam kedua hadis tersebut menunjukkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjur kan umatnya, agar selalu berbuat baik dan mengajak kebaikan tersebut kepada orang lain. Mengajak kebaikan adalah sebuah indikator seorang Mukmin yang sesunguhnya. Maka eksistensi manusia ditentukan oleh bagaimana ia bisa memberikan manfaat kepada orang lain dan mengajaknya berbuat kebaikan.

Manfaat Dalam Mengajak Kebaikan
  Manfaat Dalam Mengajak Kebaikan

Rumus Kebaikan Didalam Kehidupan 

Seperti sudah menjadi rumus kebaikan, melakukan perbuatan baik dalam hal apapun tentunya akan mendatang kan kebahagiaan yang hakiki bagi pelakunya. Kenapa tidak? Ketika orang lain measa senang dengan kebaikanmu. Maka kebahagian tersebut akan kembali kepadamu dengan balasan yang lebih baik. Balasan kebaikan akan senantiasa hadir di dalam kehidupan.

Maka setiap perbuatan yang kita tanam, maka akan kembali kepada orang yang telah berbuatnya (kita akan memetiknya). Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri.” (QS. Al-Isra : 7).

Baca Juga : Perlunya Menjaga Amal Kebaikan

Yuk Amalkan Amalan Tersebut

Kak, jika kita menginginkan pahala yang tak akan pernah putus, maka ajak lah manusia untuk melakukan amalan kebaiakan. Karena kita akan mendapatkan pahala yang sama dengan apa yang orang tersebut lakukan. Semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita untuk melakukan amalan tersebut. Aamiin. Yuk #SahabatDermawan Kunjungi dan Berbagi Kebaikan melalui link : https://berbagi.link/griyayatim.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top