Griya Yatim & Dhuafa

Manfaat dari Konsumsi Bayam

admin

Bayam adalah salah satu sayuran favorit yang disukai oleh banyak orang. Olahan yang terbuat dari bayam pun sangat mudah dibuat dan beragam, seperti ditumis, dibuat salad, ataupun kreasi lainnya. Bayam pun memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Hal ini disebabkan bayam mengandung mineral dan vitamin yang cukup lengkap.Vitamin yang terdapat pada bayam adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, dan vitamin E. Berikut ini adalah Manfaat dari Konsumsi Bayam.

Bayam dapat mencegah anemia. Sahabat dermawan, kurang darah atau anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen, sehingga membuat penderita anemia pucat dan mudah lelah.

Manfaat dari Konsumsi Bayam

Secara umum, anemia terjadi akibat ; produksi sel darah merah yang kurang, kehilangan banyak darah, dan juga hancurnya sel darah merah yang lebih cepat dari pada produksi nya. Anemia dapat terjadi akibat kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi dalam tubuh, dapat mengakibatkan tubuh tidak mampu untuk memproduksi sel darah merah kita

Anemia juga sering terjadi pada wanita hamil. Wanita hamil memiliki nilai hemoglobin yang lebih rendah dari normal. Maka dari itu dibutuhkan lebih banyak zat pembentuk hemoglobin, salah satunya zat besi. Mengkonsumsi sayuran yang mengandung kaya zat besi merupakan hal yang tepat untuk wanita hamil agar terhindar dari anemia.

Untuk bisa membantu memulihkan tubuh dari anemia, maka sahabat bisa memilih bayam sebagai sayuran yang bergizi tinggi, bervitamin dan memiliki kandungan mineral.Sedangkan  mineral yang tersimpan pada bayam salah satunya yaitu, zat besi yang bisa bantu meningkatkan hemoglobin kembali normal.

Secara berangsur asupan zat besi yang ada pada bayam membuat penderita anemia akan bantu kembalikan keseimbangan konsentrasi dan kebugaran sama seperti kondisi normal. Setelah sel darah merah berfungsi dengan baik, organ yang lain akan mendapat cukup oksigen. Saat itu adalah masa pemulihan yang cepat dari penderita anemia. Selain itu, vitamin C pada bayam juga berperan untuk membantu penyerapan zat besi oleh tubuh menjadi lebih baik.

Baca Juga : Anak asuh Produktif Lakukan Olahraga Pagi

Selain dapat mencegah anemia atau kurang darah, bayam juga dapat mencegah penyakit-penyakit lainnya. Seperti  mengontrol kadar diabetes. Bayam mengandung antioksidan yang dikenal sebagai Asam Alfa-Lipoat yang dapat mencegah naiknya kadar glukosa dalam tubuh. Kandungan klorofil pada bayam juga dapat mencegah pertumbuhan kanker.

Vitamin K pada bayam juga dapat menjaga kesehatann tulang. mengkonsumsi vitamin K itu penting, sebagai pengubah protein mariks tulang, dan meningkatkan kalsium.Seperti sayuran lainnya, bayam adalah sayuran hijau yang kaya akan serat. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah pada pencernaan.

Sahabat dermawan, selalu ada obat dari setiap penyakit, begitulah Islam mengabarkan. Rasulullah bersabda : “Setiap penyakit ada obatnya. Apabila ditemukan obat yang tepat untuk suatu penyakit, akan sembuhlah penyakit itu dengan izin Allah ‘azza wajalla.” (HR Muslim). Atau dalam riwayat yang lain Rasulullah juga bersabda : “Allah tidak akan menurunkan penyakit melainkan menurunkan obatnya juga.” (HR Bukhari). Fakta dari zat besi diatas menyatakan penyakit berbahaya anemia bisa teratasi dengan sayuran hijau yang terkenal.

Yuk sahabat, Begitulah Manfaat dari Konsumsi Bayam, bila kita konsumsi makanan-makanan yang menyehatkan, seperti bayam ini. Karena di tengah pademi ini, menjaga pola makan adalah salah satu cara kita untuk menjaga diri dari virus corona.

32 views