Griya Yatim & Dhuafa

English EN Indonesian ID

Manfaat Jalan Pagi Bersama Asrama Bukittinggi

Griya Yatim Dhuafa

donasiberkah.id- Sahabat dermawan, lanngkahkan kakimu, dan mulailah berjalan bersamaku, seperti itulah semangat yang tersampaikan oleh anak-anak Asrama Bukittinggi kepada kita semua.

Jalan kaki sering kali dianggap sepele daripada jenis aktivitas lain yang lebih berat, seperti joging atau bersepeda. Padahal, beberapa penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki bisa memberi banyak manfaat jika dilakukan secara rutin, setidaknya 30 menit setiap hari.

Beragam Manfaat Jalan Kaki

Jalan kaki secara rutin yang disertai dengan gaya hidup sehat dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Menjaga kesehatan jantung

Cardiology. check up of heart health and cardiovascular pressure. cardiologist studying human organ with magnifying glass. circulatory system complications, ischemic heart, coronary artery disease Premium Vector

Jalan kaki memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular. Hal ini karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung dan sirkulasi darah di dalam tubuh, serta memperkuat jantung.

Namun, jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya konsultasikan lebih dulu ke dokter untuk mengetahui durasi jalan kaki yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

2. Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah

 

Young male psysician with patient measuring blood pressure Free Photo

Tak hanya menjaga kesehatan jantung, jalan kaki juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kestabilan tekanan darah. Hal ini tentunya dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Baca Juga : Manfaat Gemar Membaca

3. Mencegah diabetes tipe 2

Cute happy blood drop with glucose measuring device character. flat style cartoon illustration icon . isolated on white . normal, risk and diabetes blood sugar glucometer level Premium Vector

Olahraga ringan, termasuk jalan kaki, dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 hingga 50%. Hal ini karena jalan kaki dan olahraga lainnya dapat memicu kerja otot sehingga mampu meningkatkan penyerapan glukosa.

4. Menurunkan berat badan

Man body mass index info chart Free Vector

Manfaat jalan kaki yang satu ini pastinya sangat diharapkan oleh banyak orang. Dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, Anda bisa membakar setidaknya 150 kalori. Semakin cepat langkah kaki Anda, semakin banyak pula kalori yang terbakar.

Hal tersebut dapat membantu Anda mengontrol berat badan, sehingga menjadikan tubuh lebih sehat. Namun, berjalan kaki saja tidak cukup. Anda perlu mengimbanginya dengan pola makan yang sehat.

 

5. Memperkuat daya tahan tubuh

Strong man with good immune system against viruses Free Vector

Jalan kaki secara rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit infeksi. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang berjalan kaki selama 30–45 menit setiap harinya, akan lebih jarang sakit dibandingkan dengan mereka yang tidak olahraga.

Baca Juga: Tahapan-Tahapan Menghafal Al-Qur’an Bersama Asrama Solo

6. Mengurangi stres

Tired office worker sitting on the chair Free Vector

Rutin berjalan kaki dapat mengurangi dan mencegah stres. Ketika berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik lainnya, tubuh melepaskan hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati serta mengurangi rasa cemas dan depresi. Selain itu, jalan kaki juga membuat tidur jadi lebih nyenyak.

7. Mencegah osteoporosis

Tiny people, healthy sportsman with organic food high in calcium. uses of calcium, calcium dietary supplement, strong bones and teeth concept. Free Vector

Osteoporosis disebabkan oleh penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos, rapuh, dan rentan patah. Untuk mencegah osteoporosis, Anda dapat mencoba berjalan kaki secara rutin setiap hari. Manfaat jalan kaki untuk kesehatan tulang ini juga bisa Anda kombinasikan dengan aktivitas lain, seperti hiking dan joging.

Selain itu, masih ada beragam manfaat jalan kaki lainnya, seperti meredakan nyeri sendi, meningkatkan energi, serta menguatkan otot. Oleh karena itu, jangan malas untuk berjalan kaki agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.

Manfaat jalan kaki bagi kesehatan sangatlah banyak. Namun, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu yang tidak memungkinkan untuk berjalan kaki terlalu lama, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui jenis olahraga lain yang bisa Anda lakukan demi menjaga kesehatan.

 

Demikianlahmanfaat berjalan kaki, semoga kita bisa bisa melangkahkan kaki kita ke zona hidup yang sehat.

 

Maukah sahabat jadi bagian dari GYD (Generasi Yang Dermawan) untuk mensejahterakan anak-anak yatim dan dhuafa dengan berdonasi di link kebaikan di bawah ini:

16 views
English EN Indonesian ID