Griya Yatim & Dhuafa

Manfaat Karbohidrat Kompleks Bagi Kesehatan

Kak, karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang diketahui lebih sehat dan merupakan salah satu sumber energi utama bagi tubuh, sehingga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Karbohidrat ini dapat ditemukan di berbagai jenis makanan, seperti kacang polong, gandum, roti, dan nasi.

Karbohidrat kompleks memerlukan lebih banyak waktu untuk dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, karbohidrat kompleks dipandang lebih menyehatkan, terutama bagi orang yang sedang menjalani diet atau penderita diabetes.

Perbedaan Karbohidrat Sederhana dan karbohidrat Kompleks

Manfaat Karbohidrat Kompleks Bagi Kesehatan

Kak, tahu tidak pebedaannya? Keduannya memang sama-sama karbohidrat yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. cara kerja keduanya juga hampir sama kak, yaitu mengubah glukosa atau gula darah menjadi energi yang kita pakai untuk aktivitas sehari-hari.

Perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana adalah pada rantai molekul gula yang lebih sederhana, sehingga energi yang tersedia hanya dalam waktu jangka pendek bagi tubuh. Sedangkan karbohidrat dengan molekul yang kompleks dapat menghasilkan energi yang jauh lebih banyak bagi tubuh kak. Karbohidrat kompleks adalah sumber energi yang lebih baik dari pada karbohidrat sederhana

Beragam Manfaat Karbohidrat Kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks umumnya memiliki lebih banyak serat, mineral, dan vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Karbohidrat kompleks diketahui membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga dapat memberikan energi maksimal dan membuat Kamu merasa kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks dibagi menjadi dua jenis, yaitu serat dan pati.

 Serat sangat penting bagi tubuh karena dapat melancarkan sistem pencernaan dan mengontrol kadar kolesterol. Serat juga terdapat di dalam makanan yang berasal dari tanaman, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, buah dan sebagian sayuran yang dapat di makan dengan kulitnya.

Beberapa jenis makanan tersebut juga mengandung pati. Namun, ada beberapa jenis makanan yang mengandung lebih banyak pati dibandingkan kandungan seratnya, antara lain nasi, sereal, gandum utuh, jagung, kentang, dan kacang polong.

Nah kak, bahan apa saja sih yang mengandung karbohidrat kompleks?

[1] Sereal

Sereal yang mengandung gandum merupakan kaya akan karbohidrat kompleks.

[2] Nasi Merah

Nasi merah merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, selain itu nasi merah juga ,mengandung vitamin yang bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin B dan vitamin E.

[3] Kentang dan Ubi

Kentang dan Ubi adalah pilihan karbohidrat kompleks yang sangat mudah didapat dan diolah.

Sahabat dermawan, sama-sama yuk kita rutinkan menjaga asupan karbohidrat kompleks bisa menjadi kunci hidup sehat.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top