News

Manfaat kayu manis bagi kesehatan

Manfaat kayu manis bagi kesehatan

Kak, kayu manis adalah salah satu bumbu masakan  yang sudah terkenal di negara kita, tetapi kebanyakan dari kita tidak tau manfaatnya. Kali ini kita akan membahas apa sih manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh kita kak. Mari kita simak penjelasannya agar kita dapat mengambil ilmu serta mengamalkannya.

Kandungan Kayu Manis

Sebelum lanjut mari kita pelajari apa saja yang terdapat di dalam kandungan kayu manis. Berikut adalah kandungan dari kayu manis itu sendiri, antara lain :

(1). Kalori. Fungsi dari kalori tersebut sebagai energi yang dibutuhkan untuk metabolisme.

(2). Karbohidrat. Fungsi dari karbohidrat adalah sebagai bahan bakar utama yang dibutuhkan tubuh guna menghasilkan energi.

(3). Protein. Fungsi dari protein adalah untuk membantu untuk membantu mengatur metabolisme pada tubuh.

(4). Lemak. Fungsinya adalah membantu proses penyerapan sejumlah vitamin dan sumber energi bagi tubuh.

(5). Serat. Fungsinya adalah memperlancar proses bab, serta mengurangi resiko wasir.

(6). Mangan. Fungsinya adalah pembentukan tulang , jaringan ikat serta penyerapan kalsium dan regulasi gula darah.

(7). Kalsium. Fungsinya adalah mengontrol kontraksi jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh dan membuat detak jantung teratur.

(8). Zat besi. Fungsinya adalah mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan di dalam proses pembentukan energi di dalam sel.

(9). Vitamin K. Fungsinya yaitu membantu proses pembekuan darah.

Manfaat kayu manis bagi kesehatan

Apa saja manfaat kayu manis bagi kesehatan?

Bahwa di dalam kandungan kayu manis terdapat senyawa yang memiliki antioksidan, antiinflamasi, antidiabetik, dan antimikroba. Di dalam sifat tersebut bisa melindungi dari kanker serta kardiovaskular. Berikut ini adalah berbagai manfaat kayu manis :

  1. Melawan Radikal Bebas

Manfaat kayu manis adalah kemampuan untuk mencegah (menangkal) radikal bebas, yang terkandung antioksidan yaitu polifenol. Serta kayu manis juga bisa digunakan untuk pengawet alami

  1. Membantu mengatasi Infeksi

Manfaat selanjutnya membantu tubuh melawan virus dan memperbaiki jaringan serta menurunkan resiko penyakit (infeksi). Sebab kayu manis memiliki antioksidan yang berperan sebagai antiinflamasi yang kuat. Selain itu pun, kayu manis bersifat antimikroba, jadi bisa mencegah infeksi yang disebabkan oleh mikroba. 

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Salah satu penyakit yang paling berbahaya di dunia adalah penyakit jantung, dengan meminum (mengkonsumsi) kayu manis akan mengurangi kadar kolesterol yang dapat menyebabkan sakit jantung.

Baca Juga : Inilah Manfaat Temulawak

  1. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Insulin merupakan salah satu hormon utama yang mengatur dalam pencernaan metabolisme dalam penggunaan energi. Hormon ini sangat penting untuk mengangkut gula dari aliran darah ke sel-sel tubuh . Manfaat kayu manis dapat mengurangi resistensi insulin, sehingga dapat membantu hormon ini untuk melakukan tugasnya. Serta meningkatkan sensitivitas insulin, maka kadar gula darah dapat terkontrol. Maka dari itu, kayu manis juga disebut sebagai salah satu antidiabetik yang sangat kuat.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat mengerikan (serius), maka kita harus mencegahnya. Tidak perlu bingung, dengan mengkonsumsi kayu manis pun kita telah mencegah kanker. Salah satu manfaat dari kayu manis juga dapat mencegah kanker. Disebabkan kayu manis bisa mencegah paparan radikal bebas, kayu manis pun telah berperan dalam pencegahan kanker. karena kayu manis juga bisa dibilang activator ampuh dari enzim detoksifikasi.

Selain yang telah disebutkan pun masih banyak lagi manfaat kayu manis. Yuk kak ambil manfaat kayu manis bagi kesehatan dengan mencoba untuk mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat..

Share it on