Griya Yatim & Dhuafa

Manfaat Lada Hitam

admin

Sahabat tahu kan lada? Sudah pasti tahu, lada ini merupakan salah satu rempah-rempah yang sering digunakan dalam berbagai macam jenis masakan. Lada memiliki 2 macam jenis, yaitu lada putih dan juga lada hitam. Kedua lada ini dapat sama-sama dapat menambah cita rasa pedas dalam masakan. Meskipun demikian rasa yang dihasilkan oleh lada hitam lebih kompleks. Perbedaan lada putih dan lada hitam hanya pada warna, dan juga cara mengolahnya. Inilah Manfaat Lada Hitam Ternyata Dapat Membunuh Kuman dan Penyakit.

Sahabat, salah satu manfaat lada hitam yang selama ini kita ketahui adalah sebagai bumbu dalam masakan. Namun siapa sangka bahan yang digunakan untuk membuat makanan menjadi pedas ini, juga telah dikenal sebagai obat-obatan tradisional sejak berabad-abad lalu. Sekarang, telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa lada hitam memang memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Lada Hitam Ternyata Dapat Membunuh Kuman dan Penyakit

Yuk kita cari tahu apa saja manfaatnya :

  1. Mampu Melawan Infeksi.

Manfaat lada hitam lainnya adalah memiliki sifat antibakteri. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minyak lada hitam dapat membantu melawan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi melalui makanan yang terkontaminasi. Selain itu, minyak lada hitam juga bisa melawan infeksi yang bakteri Staphylococcus penyebab bisul di kulit.

  1. Meredakan Gejala Flu.

Manfaat lada hitam ternyata juga dapat diperoleh sebagai pereda gejala flu. Rasa pedas pada lada hitam dapat bekerja sebagai dekongestan alami dan merangsang pembentukan lendir untuk membersihkan saluran napas.

  1. Bertindak Sebagai Antiradang.

Salah satu potensi manfaat lada hitam bagi kesehatan adalah sebagai zat antiradang. Hal ini dikarenakan senyawa piperin yang terkandung di dalam lada hitam memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan serta mengandung antioksidan yang tinggi.

  1. Mencegah Radang dan Infeksi Lambung.

Manfaat lada hitam secara tradisional digunakan untuk mengatasi gejala gangguan lambung. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa ternyata lada hitam memang mengandung zat yang dapat melindungi lapisan dinding lambung dari efek peradangan, bahkan dapat menekan pertumbuhan bakteri H. pylori yang dapat menyebabkan infeksi dan tukak lambung.

Baca Juga : Manfaat dari Konsumsi Bayam

  1. Menangkal radikal bebas

Terdapat zat kimia alami berupa piperin yang terkandung dalam lada hitam. Dalam sebuah penelitian terbukti bahwa lada hitam kaya akan antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk membantu mencegah atau menunda efek dari kerusakan radikal bebas yang terjadi karena paparan polusi, asap rokok, sinar matahari, olahraga berlebihan dan proses pengolahan makanan dalam tubuh. Apabila antioksidan tidak mencukupi dalam tubuh, maka radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh Anda. Adapun masalah yang bisa timbul karenanya yaitu peradangan, penuaan dini, penyakit jantung, dan kanker tertentu.

  1. Menjaga kandungan gula dalam tubuh tetap stabil

Minyak yang dihasilkan dari lada hitam dapat mencegah penyakit diabetes. Telah dibuktikan pada sebuah penelitian bahwa minyak lada hitam dapat menghambat enzim amilase dalam memecah pati menjadi glukosa. Dengan begitu, maka kadar gula dalam darah dapat terjaga kestabilannya.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan yang ada pada lada hitam dapat menghasilkan zat asam hidroklorik pada usus. Asam hidroklorik ini dapat membantu saluran pencernaan memecah sekaligus menyerap nutrisi dari makanan dengan lebih baik. Keberhasilan proses penyerapan nutrisi ini menghindarkan kita dari sembelit atau gangguan perut kembung yang disebabkan oleh produksi gas berlebihan dalam perut.

Wah sahabat, Itulah Manfaat Lada Hitam Ternyata Dapat Membunuh Kuman dan Penyakit, ternyata cukup banyak manfaat dari lada hitam yang dapat kita ambil dari setiap mengonsumsinya. Maka jangan terlalu anti untuk mengonsumsi rempah-rempah yang satu ini. Selain sedap namun juga menyehatkan.

80 views