Griya Yatim & Dhuafa

Manfaat Melakukan Dzikir Di Pagi Hari

Griya Yatim Dhuafa
Manfaat Melakukan Dzikir Di Pagi Hari
                                      Manfaat Melakukan Dzikir Di Pagi Hari

Donasiberkah – Sudahkah hari ini kita memulai pekerjaan dengan mengingat Allah, salah satunya dengan cara dzikir pagi? Kak, dzikir merupakan ibadah untuk terus mengingat Allah. Hal ini dilakukan dengan cara menyebut dan memuji asma Allah. Dzikir juga termasuk dalam cara untuk menyempurnakan ibadah. Inilah artikel manfaat melakukan dzikir di pagi hari, yuk kita simak.

Dzikir Rasa Syukur Kita Kepada Allah

Sering dikatakan bahwa dzikir dapat membatasi diri dan dzikir sendiri juga sering dikaitkan sebagai bentuk rasa syukur seorang hamba terhadap Allah Ta’ala. Bahkan Rasulullah juga mengajarkan manusia untuk senantiasa melakukan dzikir untuk mengingat Allah. Telah disunahkan bagi umat Muslim untuk melakukan dzikir kapanpun dan di mana saja.

Baca Juga : Tatkala Hati Bersedih

Allah T’ala berfirman : “Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di sore hari dan waktu kamu berada di waktu pagi hari” (QS. Ar-Rum : 17).

Pentingnya berdzikir tidak hanya memuji kebesaran Allah, kamu juga bisa mendapatkan banyak manfaat dalam kehidupan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Terutama dalam dzikir pagi dan petang, bahkan Allah sudah mengingatkan mengenai limpahan manfaat dzikir di pagi hari.

Memberikan Ketenangan Hati

Kak, sesuai dengan maknanya, dzikir memiliki arti mengingat Allah, maka dengan mengingat Allah akan menimbulkan ketenangan hati. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan berdzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah menjadi tentram,” (QS. Ar-Ra’du : 28).

Manfaat Melakukan Dzikir Di Pagi Hari
       Manfaat Melakukan Dzikir Di Pagi Hari

Amalan Yang Dicintai Rasulullah

Berdzikir merupakan salah satu amalan yang tidak pernah Rasulullah tinggalkan, hal ini membuktikan dzikir menjadi salah satu sunnah Rasulullah yang sangat dianjurkan kepada umatnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Aku berduduk bersama orang-orang yang berdzikrullah Ta’ala mulai dri waktu shalat shubuh hingga terbit matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak dari putra Nabi Isma’il…” (HR. Abu-Dawud).

Mendapatkan Ampunan

“Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbilah seraya memuji (berdzikir) Rabbmu pada waktu sore dan pagi” (QS. Ghafir : 55).

Baca Juga : Makna Dzikir Bagi Hati Dan Manfaatnya

Itulah manfaat mengamalkan amalan dzikir di pagi hari, yuk kak, jangan meninggal kan amalan tersebut. Semoga Allah memberikan kekuatan dan ketabahan dalam melakukannya. Aamiin. Yuk #SahabatDermawan Kunjungi dan Berbagi Kebaikan melalui link : https://berbagi.link/griyayatim

38 views