News

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Minyak kelapa adalah minyak yang banyak digunakan untuk kesehatan, kecantikan, hingga keperluan lainnya. Tepat seperti namanya, minyak kelapa merupakan berasal dari buah pohon kelapa. Seperti yang sudah kita ketahui, buah kelapa memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan. Inilah Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan juga untuk kecantikan yuk kita simak artikel berikut ini.

Berikut ulasan tentang beberapa manfaat minyak kelapa bagi kesehatan dan kecantikan :

  1. Meningkatkan imunitas tubuh

Minyak kelapa memiliki kandungan yang disebut sebagai asam laurat dan asam kaprilat. Kandungan ini sangat menunjang sistem imunitas tubuh. Asam laurat dan asam kaprilat ini berfungsi sebagai antivirus dan antimikeroba. Sehingga dengan adanya kandungan tersebut, tubuh akan terlindungi dari paparan-paparan virus dan juga bakteri yang mengancam kesehatan. Sebab itulah minyak kelapa ini sangat menunjang sistem imunitas tubuh, menjaga tubuh agar tidak terinfeksi virus dari luar.

  1. Melancarkan pencernaan dan metabolisme

Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa pun sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan. Minyak kelapa ini dapat membersihkan saluran pencernaan, dengan kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung didalam minya kelapa. Proses metabolisme tubuh pun akan terbantu oleh adanya minyak kelapa. Penyerapan gizi dan nutrisi makanan akan semakin maksimal jika kita mengkonsumsi minyak kelapa. Karena proses penyerapan gizi menjadi maksimal, tubuh pun akan mendapat lebih banyak manfaat dari gizi tersebut. Lalu sisa pencernaan pun akan dibuang dengan lebih mudah.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Minyak kelapa sering kali disebut sebagai bahan makanan yang mengandung banyak lemak jenuh. Namun tidak perlu khawatir sebab lemak jenuh dala minyak kelapa itu termasuk dalam Medium Chain Triglyceride atau disebut dengan MCT. Lemak jenuh versi MCT yang terkandung dalam minyak kelapa ini tidak dijadikan sebagai lemak. Namun diolah sebagai bahan bakar energi. Terlebih lagi asam laurat pada minyak kelapa pun membantu proses pengubahan MCT ini menjadi energi.

  1. Meremajakan kulit

Minyak kelapa juga kerap digunakan dengan cara dioleskan ke kulit. Sebab, minyak kelapa juga dapat bermanfaat untuk meremajakan kulit, mencegah keriput. Minyak kelapa dapat meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah jenis protein penyusun tubuh manusia. Dan kolagen adalah salah satu struktur pembangun kulit. Sehingga meningkatnya produksi kolagen yang disebabkan minyak kelapa, dapat bermanfaat  untuk meningkatkan kesehatan kulit juga meremajakan kulit.

  1. Menghilangkan Jerawat

Jerawat menjadi salah satu permasalahan umum dalam bidang kecantikan. Minyak kelapa bisa menjadi solusi untuk permasalah ini. Asam laurat pada minyak kelapa yang merupakan zat antimikeroba dan antijamur, dapat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Selain menghilangkan jerawat, minyak kelapa juga bisa menyamarkan bekas jerawat.

  1. Meningkatkan kesehatan Rambut

Minyak kelapa juga sering digunakan untuk membantu meningkatkan kesehatan rambut. Minyak kelapa dianggap sebagai minyak terbaik untuk rambut, dengan mengurangi kehilangan protein dan membuatnya tetap sehat.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa minyak kelapa baik untuk mencegah kehilangan protein daripada minyak mineral dan bunga matahari ketika diaplikasikan baik sebelum atau setelah mencuci rambut.

Bahkan minyak kelapa dapat mengurangi kehilangan protein pada rambut yang tidak rusak, memutih, dan terpapar sinar UV. Minyak kelapa sebagian besar terdiri dari asam lemak rantai menengah yang disebut asam laurat. Ini memberi minyak kelapa struktur panjang dan lurus, yang lebih mudah diserap jauh ke dalam batang rambut.

Baca Juga : Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan

Manfaat lainnya dari minyak kelapa bisa membantu : Melembabkan rambut, memberikan perlindungan dari matahari, mencegah rambut rontok, mencegah timbulnya ketombe. Mengoleskan minyak kelapa pada rambut bisa sebelum atau sesudah mencuci rambut, tergantung kebutuhan masing-masing.

Kak itulah Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan, jumlah minyak kelapa yang kita butuhkan tergantung pada panjang dan jenis rambut. Sebaiknya mulailah mengaplikasikan minyak kelapa dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu. Sebab faktor kecocokan juga mempengaruhi efektifitas manfaatnya. Jikalau memang cocok, baru bertahap ke jumlah yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

Share it on