News

Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan

Kak, rumput laut sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Olahan rumput laut pun sudah beraneka ragam. Yang paling sering ditemukan adalah olahan rumput laut berupa keripik dan cemilan lainnya. Rumput laut itu memiliki rasa khas tersendiri. Bahkan rumput laut pun kini dijadikan sebagai salah satu varian rasa dalam berbagai macam makanan. Rasa balado, rasa keju, dan rasa rumput laut. Nah Inilah Manfaat Rumput Laut Menakjubkan Untuk Kesehatan, yuk kita simak artikel ini.

Selain telah menjadi bahan olahan yang tidak sulit ditemukan. Manfaat rumput laut sudah populer sejak zaman dahulu kala. Meskipun pengolahannya mungkin berbeda dengan masa saat ini, rumput laut masih dipercaya sebagai makanan sehat yang menyimpan banyak sekali manfaat.

Rumput laut disebut juga sayuran laut, kita tahu bahwa sayuran laut memiliki kalori yang rendah. Rumput laut itu merupakan sumber daya yang terbarukan. Namun, budidaya rumput laut telah banyak dilakukan untuk mencegah kepunahan maupun sebagai bisnis.

Rumput laut yang dibudidayakan di indonesia merupakan merupakan dari genus Eucheuma. Pada dasarnya, rumput laut merupakan bagian dari keluarga ganggang multi sel.

Manfaat dari konsumsi rumput laut itu ada banyak sekali. Berikut kak, manfaat rumput laut bagi kesehatan :

Manfaat Rumput Laut Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

  1. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Rumput laut kaya akan vitamin K, dan vitamin ini berkoordinasi dengan trombosit-jenis sel yang dapat membentuk gumpalan/pembekuan darah. Vitamin K akan mengirim sinyal kimia di mana trombosit mengumpulkan darah dan membekukannya, sehingga saat kamu terluka, luka tersebut akan berhenti mengalir.

  1. Menguatkan tulang dan gigi

Rumput laut juga mengandung kalsium. Rumput laut terdiri dari 60 mg kalsium, sekitar 6 % dari kebutuhan kalsium harian.

  1. Melawan penyakit

Rumput laut juga mengandung antioksidan tinggi lainnya seperti karotenoid. Antioksidan sendiri berfungsi untuk mencegah kerusakan tubuh akibat radikal bebas, serta baik untuk kesehatan kardiovaskular.

  1. Meningkatkan energi

Kita bisa menambah asupan zat besi dengan memakan rumput laut. Semangkuk rumput laut menyediakan 1,1 atau 0,8 mg zat besi. Memasukkan rumput laut ke dalam makanan sehari-hari dapat membantu kita mencapai kebutuhan 8 mg zat besi harian.

  1. Mencegah kanker

Rumput laut itu merupakan sayuran yang banyak mengandung serat, selenium, dan seng. Mengkonsumsi makanan yang terdapat kandungan tersebut didalamnya, dapat mereduksi estrogen. Salah satu alasan yang dapat memicu munculnya penyakit kanker adalah tingginya level estrogen dalam tubuh. Jadi, pengerduksian esterogen yang diakibatkan oleh konsumsi rumput laut itu sangatlah berguna untuk pencegahan kanker.

  1. Mencegah penuaan dini

Antioksidan dalam rumput laut berasal dari kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan enzim yang terkandung didalamnya. Antioksidan tersebut sangatlah berpotensi dalam perannya untuk penyembuhan dan peremajaan kulit.

Baca Juga : Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Vitamin A atau disebut beta carotene yang bekerja sama dengan vitamin C, dapat memelihara kolagen. Kandungan protein yang terkandung dalam rumput laut pun sangat efektif untuk membentuk jaringan baru pada kulit.

  1. Sebagai menu diet berkualitas

Sayuran dan makanan laut itu sangat identik dengan program diet, sebab sayuran dan makanan laut adalah makanan yang mengandung kalori lebih rendah dari makanan yang lain. Terlebih lagi rumput laut itu mengandung karbohidrat yang sukar dicerna, sehingga akan menahan rasa lapar lebih lama. Proses matebolisme tubuh pun terbantu, sehingga dapat menurunkan resiko obesitas, kolesterol darah, dan gula darah.

Kak, itulah beberapa Manfaat Rumput Laut Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan. Sebenarnya, masih banyak lagi manfaat rumput laut yang masih dalam penelitian. Yuk kak, kita dapatkan manfaat-manfaat dari mengkonsumsi rumput laut, agar tubuh kita lebih sehat.

Share it on