Griya Yatim & Dhuafa

Manfaat Sabar bagi kesehatan

Sabar itu sifat terpuji yang dimiliki oleh para Rasul. Orang-orang yang sabar itulah orang-orang yang benar imannya. Allah berfirman : “Dan, orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan, mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa”. (QS. Al-Baqarah : 177). Yuk simak artikel tentang Manfaat Sabar bagi kesehatan.

Sifat sabar memiliki banyak sekali keutamaan. Di akhirat nanti Allah akan berikan orang-orang sabar pahala yang tidak terbatas. “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas”. (QS. Az-Zumar : 10). Bahkan para ilmuan pun telah mengatakan bahwa sabar itu dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Dengan memelihara sifat sabar, kita akan mendapat berbagai manfaat. Antara lain :

Manfaat Sabar bagi kesehatan
                (Foto Dok. Anak-anak asuh binaan GYD Cabang Solo)
  1.       Menghindari stress

Sabar membuat diri kita menjadi lebih tenang. Dengan bersabar dan juga bertawakkal kepada Allah, beban pikiran kita akan menjadi berkurang. Ketika menghadapi situasi tertekan, sabar merupakan solusi terbaik. 

  1.       Membuat diri menjadi lebih rileks

Memiliki sifat kurang sabar hanya membuat otot-otot pada tubuh menegang. Dengan bersabar, tubuh kita juga akan menjadi lebih rileks. 

  1.       Meningkatkan produktivitas

Dengan bersabar kita tidak akan tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu. Sehingga kita dapat menyelesaikan sesuatu dengan lebih rapih. Produktivitas pun akan menjadi lebih baik dengan memperhatikan kesalahan-kesalahan kecil, sehingga tidak menghabiskan waktu untuk merevisi kembali. 

  1.       Menjadi lebih optimis

Tanpa disadari, dengan bersabar kita di latih untuk menjadi lebih optimis. Sebab, untuk bersabar kita memerlukan alasan yang baik. Ketika kegagalan menghampiri, prasangka-prasangka baik-lah yang membuat diri kita sanggup untuk bersabar.

Baca Juga : Bersabarlah dengan Kesabaran yang Baik

Dengan bersabar dan izin Allah, kita dapat melewati berbagai permasalahan dalam kehidupan kita. Begitu pula jika permasalahan tersebut menyangkut orang lain. Maka sifat pemaaf lah yang merupakan puncak kesabaran.

Memaafkan orang itu juga bermanfaat bagi kesehatan

Ada beragam keistimewaan dari perbuatan mulia ini. Menurut studi, memaafkan terbukti dapat meningkatkan suasana hati, meningkatkan optimisme, dan menjaga dari kemarahan, stres, kecemasan, dan depresi. Selain baik untuk kesehatan, memaafkan juga merupakan perbuatan mulia yang dianjurkan dalam Al-Qur’an, “(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.” (Qs. Ali Imran : 134).

“Wahai Rasulullah, saya memiliki kerabat, saya sambung tapi mereka malah memutuskan, mereka berbuat buruk kepada saya tapi saya berusaha untuk berbuat baik kepada mereka. Mereka berbuat jahil kepada saya tapi saya sabar tidak ingin membalas dengan yang sama. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “jika yang kamu katakan itu benar, maka seakan-akan kamu menaburkan debu panas ke wajahnya dan senantiasa Allah akan menolong kamu selama kamu terus berbuat seperti itu’ ”. (HR. Muslim).

Ini adalah merupakan sifat orang-orang yang berjiwa besar. Dan memang sangat sulit sekali karena ketika hati kita sakit, butuh waktu untuk memaafkan. Namun orang-orang yang berjiwa besar dan mengharapkan keridhaan Allah semata, dia melihat bahwa kalau dia memaafkan maka kemuliaan akan dia dapatkan dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Yuk sahabat, Itulah Manfaat Sabar bagi kesehatan, kita tingkatkan kesabaran dalam diri kita dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup. Cukup ingat, Allah itu bersama orang-orang yang sabar. Allah berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah : 153). Dengan begitu, Allah pasti ringankan beban yang kita miliki.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top