Griya Yatim & Dhuafa

Manfaat sedekah untuk menggapai akhirat

admin

Donasiberkah.id – Kak, sudahkah kita memepersiapkan untuk menjemput akhirat? Apakah kita lupa dengan tujuan akhir hidup kita yakni surga. Oleh karenanya, selagi Allah masih memberikan kesempatan hidup. Maka memperbanyaklah amal kebaikan, salah satunya dengan sedekah. Manfaat dari sedekah itu sendiri bukan hanya dapat membantu penerimanya, namun juga untuk menggapai akhirat.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa memberi kemudahan kepada orang yang kesulitan niscaya Allah akan memberi kemudahan baginya di dunia dan akhirat.” (HR. Muslim).

Baca Juga : Yuk Sedekah Jariyah untuk Pesantren Yatim & Dhuafa

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman  di dalam Al-Qur’an yang artinya, “Dan barang siapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mu’min, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik.” (QS. Al-Isra : 19).

“Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagianpun di akhirat.” (QS. Asy Syuraa: 20).

Amalan Yang Dicintai Allah

Kak, Sedekah merupakan suatu amalan yang amat di cintai oleh Allah. Sebagaimana Allah telah menyebutkan di dalam Al-Qur’an berulang kali, maka tandanya adalah menegaskan untuk menyuruh manusia untuk menunaikannya.

Baca Juga : Raih Pahala Terbaik dengan Bersedekah

Sebagaimana salah satu ayat Allah yang artinya, “Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyi kan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Baqarah: 271).

Manfaat Sedekah Untuk Menggapai Akhirat
                   Manfaat Sedekah Untuk Menggapai Akhirat

Balasan Allah di Dunia dan di Akhirat Bagi Yang Bersedekah

  1. Sedekah Dapat Menghapus Dosa

Kak, siapa sih manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan, Nabi saja pernah melakukan khilaf, apalagi kita. Karena kita adalah makhluk yang selalu melakukan kesalahan dan selalu bermaksiat. Ingatlah, bahwa Allah selalu memberikan kesempatan untuk menghapus dosa tersebut. Salah satunya dengan cara memperbanyak sedekah.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api. (HR. At-Tirmidzi).

  1. Dengan Bersedekah Melipat gandakan Pahala

Kak, ketahuilah bahwa di dalam sedekah banyak sekali manfaat dan keistimewaannya, salah satunya, Allah akan memberikan (membalas) dengan pahala yang luar biasa, dengan cara melipat gandakan pahala orang yang bersedekah. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18). 

Baca juga : Jadikan Hidup Penuh Makna dengan Bersedekah

  1. Sedekah Akan Memayungi di Hari Kiamat

Sahabat, setiap orang yang dapat naungan di hari kiamat tergantung dengan kebiasaannya mengeluarkan sedekah ketika kehidupannya di dunia. Sebagaimana Rasulullah shallallahu a’alaihi wa sallam bersabda : “Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya (pada hari Kiamat) hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata: “Ditetapkan hukuman di antara manusia.” Yazid berkata: ”Abul Khair tidak pernah melewati satu hari pun melainkan ia bersedekah padanya dengan sesuatu, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini.” (HR Al-Baihaqi – Al-Hakim – Ibnu Khuzaimah).

Yuk kak, mari kita bersedekah karena salah satu manfaat bersedekah ini Allah akan memberi kemudahan di dunia dan akhirat. jadikanlah kehidupan kita dengan penuh berkah, salah satunya dengan bersedekah. Semoga Allah memberikan kemudahan untuk melakukan amalan kebaikan tersebut. Aamiin.

66 views