News

Manfaat Sedekah untuk Yatim dan Dhuafa

Donasiberkah. Sahabat Dermawan, Agama Islam menempatkan anak yatim yang begitu istimewa. Maka dengan kedudukannya yang sangat istimewa itu, yang membuat Rasulullah menganjurkan kepada umatnya untuk berbuat baik kepada anak yatim serta memperbanyak sedekah kepada mereka. Jika kita bersedekah kepada anak yatim, maka sangat banyak manfaat yang kita dapatkan. Inilah Manfaat Sedekah untuk Yatim dan Dhuafa yang perlu diketahui.

Oleh karena itu, jangan takut miskin untuk mengeluarkan sebagian harta kita di jalan Allah. Justru dengan bersedekah rezeki kita akan tambah berlimpah. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya bersedekah tidak mengurangi hartamu” (HR. Muslim).

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan barang apa saja yang kamu nafkah kan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya” (QS.Saba’ : 39).

Dan di lain ayat Allah juga berfirman : “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartannya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjara) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui” (QS. Al-Baqarah : 261).

Apa sajakah Manfaat dari Bersedekah?

Sahabat, ketahuilah bahwa setiap harta yang kita keluarkan (yang kita berikan) kepada anak yatim sangatlah bermanfaat sekali baik di dunia maupun di akhirat.

Manfaat Sedekah untuk Yatim dan Dhuafa
  1. Bersedekah Kepada Anak Yatim Menghindarkan dari Bencana

Sahabat, ketahuilah salah satu keajaiban bersedekah yang bisa dirasakan di dunia adalah menjaga pelakunya dari keburukan dan musibah yang akan menimpahnya. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo).” (HR. Baihaqi & Thabrani).

  1. Bersedekah Kepada Yatim Menjauhkan dari MurkaNya Allah

Sahabat, siapa sih yang mau murkanya Allah, oleh karena itu mari kita bersedekah khususnya kepada anak yatim, sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Sesungguhnya shadaqah benar-benar memadamkan kemurkaan Allah dan menghindarkan dari kematian yang buruk(HR. At-Tirmidzi).

  1. Bersedekah Kepada Anak yatim dekat bersama Rasulullah di Surga 

Kak, kenikmatan yang sangat luar biasa berada di surga, apa lagi bersama Rasulullah.Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku dan orang yang menanggung anak yatim, (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya” (H.R Bukhari).

  1. Bersedekah kepada Anak Yatim Menentramkan Jiwa

Dengan sedekah yang kita keluarkan itu akan membawa ketenangan baik bagi  jiwa maupun raga kita kak, sama halnya makanan yang kita makan kak, harus di proses dan harus kita keluarkan. Jika makanan yang kita makan tidak dikeluarkan maka yang terjadi akan menjadi sumber penyakit bagi kesehatan tubuh kita. 

Yuk bersedekah Kak, sebab dengan bersedekah Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda, dan dengan bersedekah Allah akan mendatangkan ridhaNya di segala aktivitas kita. Kamu bisa sedekah untuk yatim dan dhuafa dengan cara klik tombol dibawah ini:

Share it on