Griya Yatim & Dhuafa

Manfaat Tumbuhan Akar Kucing Bagi Kesehatan

Ternyata ada lho tumbuhan yang disebut tumbuhan akar kucing. Apa saja Manfaat tumbuhan akar kucing bagi kesehatan? Yuk simak penjelasan seputar tumbuhan akar kucing berikut ini.

Kak, tahukah bahwa ada tumbuhan yang disebut sebagai tumbuhan akar kucing. Tumbuhan akar kucing ini termasuk tumbuhan liar yang mudah ditemukan di Indonesia. Biasanya tumbuhan akar kucing ini tumbuh di pinggir jalan, hutan, dan tempat-tempat lembab.

Tumbuhan akar kucing ini tumbuh tegak, dengan tinggi 25-50 cm, memiliki cabang-cabang, dengan akar serabut yang kasar. sekilas hampir seperti tumbuhan kangkung, namun dengan batang yang keras. Daunnya lancip di ujung dan bergerigi di bagian pinggirnya. Tumbuhan ini bisa diperbanyak dengan menanam biji yang dihasilkannya.

Kenapa disebut tumbuhan akar kucing?

Tumbuhan ini disebut tumbuhan akar kucing sebab kucing suka dengan akar tumbuhan ini. Jika kakak tidak percaya, coba bicarakan beberapa tumbuhan akar kucing ini di depan rumah misalnya. Pasti jika kucing melihat akar tumbuhan ini, kucing akan segera menghampirinya dan menggigit-gigit akarnya.Menurut para pakar akar dari tumbuhan ini memiliki senyawa yang merupakan bahan alami untuk melancarkan pencernaan kucing.

Manfaat tumbuhan akar kucing bagi kesehatan

Manfaat Tumbuhan Akar Kucing Bagi Kesehatan

Tumbuhan akar kucing ini juga dimanfaatkan sebagai obat herbal. Tumbuhan dengan nama latin Acalypha indica L ini mengandung alkaloid, acalphine dan asam galat yang berguna untuk kesehatan. Tumbuhan akar kucing sering kali digunakan sebagai obat herbal untuk meredakan asam urat dan rematik.

Tumbuhan akar kucing mengandung senyawa-senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. Bukan hanya pada bagian akarnya saja, namun hampir seluruh bagian tumbuhan ini mulai dari akar, daun, batang, dan biji pun memiliki khasiat bagi tubuh. Tumbuhan ini merupakan alternatif yang baik untuk kakak yang tidak suka mengkonsumsi obat kimia. Selain manjur, tumbuhan akar kucing ini tidak memiliki efek samping.

Tumbuhan akar kucing bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti : rematik sendi, menurunkan asam urat, dan permasalahan pencernaan. Karena baik untuk pencernaan, maka beberapa hewan karnivora termasuk kucing, kadang memiliki insting untuk membuat keadaan perutnya lebih baik dan mencari obat alami untuk itu.

 

Cara mengambil khasiat dari tumbuhan akar kucing

Cara kita untuk mengambil khasiat dari tumbuhan akar kucing ini adalah dengan merebus tumbuhan ini, dari akar hingga daunnya. Tumbuhan yang direbus boleh dikeringkan (dijemur) terlebih dahulu, tidak dikeringkan pun tak masalah. Rebus 3-5 tumbuhan akar kucing dengan air kira-kira 3 gelas. Rebus hingga air berubah warna, agak kecoklatan. Lalu minum airnya segelas, untuk satu dosis. Cukup minum 2-3 gelas saja perhari.

Baca Juga : Pohon Korejat Untuk Pengobatan Herbal

Banyak juga orang yang telah mengolah tumbuhan akar kucing ini menjadi obat tablet, ataupun kapsul. Dengan cara mengekstrak tumbuhan akar kucing ini, sehingga dapat diambil zat-zat yang bermanfaatnya. Ekstrak akar kucing pun sudah dikenal dimasyarakat, dan mudah ditemukan di toko-toko herbal.

Efek samping

Mengkonsumsi akar kucing secara berlebihan dapat menurunkan tekanan darah. Bagi penderita tekanan darah rendah, sebaiknya mengurangi pengkonsumsian tumbuhan akar kucing. Beberapa kejadian juga membuktikan bahwa mengkonsumsi tumbuhan akar kucing ini dapat menyebabkan diare dan alergi. Namun, ini tidak dialami oleh kebanyakan orang.

Kak, itulah Manfaat Tumbuhan Akar Kucing Bagi Kesehatan. Semoga dengan informasi tersebut, kita dapat mengambil manfaat dari tumbuhan akar kucing ini. Sebab, tanaman akar kucing ini sering dianggap sebagai jenis tumbuhan pengganggu. Dari pada membuangnya begitu saja, yuk kita ambil khasiatnya.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top