News

Mari Jaga Kebersihan Agar Nyamuk Tidak Bersarang

Mari Jaga Kebersihan Agar Nyamuk Tidak Bersarang

Griya Yatim & Dhuafa – Ada beberapa penyakit seperti DBD, Chikungunya, Malaria, dan lainnya yang penularannya disebabkan melalui gigitan nyamuk. Oleh karena itu, mari Kak kita jaga kebersihan sehingga nyamuk tidak bersarang lagi di rumah kita. Yuk Mari Jaga Kebersihan Agar Nyamuk Tidak Bersarang.

Di negara tropis seperti Indonesia, kesehatan keluarga terutama anak cukup rawan terkena penyakit yang ditularkan oleh gigitan nyamuk.

Penyebaran penyakit ini sangat mudah terjadi pada kondisi cuaca dengan curah hujan yang tinggi dan lembab. Artinya, setiap tahun terutama pada musim hujan, Anda perlu selalu mempersiapkan diri dan keluarga mengantisipasi terkena penyakit ini.

Berikut ini beberapa cara sederhana yang dapat Anda dan keluarga lakukan untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut, seperti:

1. Kuras Bak dan Penampungan Air

Telur nyamuk Aedes aegypti mudah bersarang pada penampungan air. Selalu pastikan agar cucian piring dan gelas tidak dibiarkan menumpuk. Selain itu, Anda juga rutin menguras bak mandi dan tempat penampungan air lain di rumah, terutama pada saat musim hujan.

Mari Jaga Kebersihan Agar Nyamuk Tidak Bersarang

                       Mari Jaga Kebersihan Agar Nyamuk Tidak Bersarang

2. Siapkan Kelambu dan Obat Anti Nyamuk

Pada saat cuaca di luar lembab atau turun hujan, siapkan kelambu atau selimut saat Anda dan keluarga tidur. Gunakan obat anti nyamuk untuk menambah perlindungan bagi keluarga. Anda bisa menggunakan obat oles di kulit jika tidak ingin terganggu dengan aroma obat anti nyamuk semprot atau bakar.

3. Gunakan Pakaian Panjang

Pada musim hujan, sebaiknya Anda dan keluarga membiasakan diri menggunakan baju lengan panjang dan celana atau rok yang menutupi lutut kaki. Pakaian panjang dapat mengurangi risiko terkena gigitan nyamuk Aedes aegypti. Bila Anda atau keluarga harus menggunakan seragam tertentu yang memiliki lengan pendek, kenakan jaket atau outerwear lengan panjang lain untuk menutupi area kulit di tangan.

4. Selalu Tutup Pintu dan Jendela

Bila Anda memiliki kebiasaan membiarkan pintu atau jendela terbuka, maka Anda perlu menguranginya pada musim hujan. Hal ini berguna mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah. Lakukan juga pemeriksaan berkala pada dinding, lantai, atau atap rumah; untuk mengecek lubang yang mungkin menjadi jalan masuk serangga kecil dan nyamuk.

5. Jaga Kebersihan dan Kesehatan di Sekitar Rumah

Selain pencegahan yang disebutkan di atas, Anda dan keluarga perlu sama-sama berpartisipasi menjaga kebersihan dan kesehatan di sekitar rumah. Pastikan agar ruangan dan pekarangan rumah dibersihkan teratur. Jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat agar daya tahan tubuh Anda dan keluarga selalu terjaga baik.

Itulah kegiatan anak yatim dan dhuafa yang membersihkan lingkungan asrama agar terhindar dari penyakit malaria. Demikianlah beberapa cara menjaga kesehatan keluarga dari demam berdarah yang bisa diterapkan. 

Share it on