Griya Yatim & Dhuafa

Masuk Surga Orang Yang Mengasuh Anak Yatim

Al-Qur’an secara tegas mengatakan bahwa anak yatim adalah sosok yang harus dikasihi, dipelihara, dan diperhatikan. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah ” memperbaiki keadaan mereka adalah baik.” (QS. Al-Baqarah : 220). Menyantuni dan menyayangi mereka adalah sebuah kemuliaan. Jadi Masuk Surga Orang Yang Mengasuh Anak Yatim, yuk kita berlomba-lomba dalam kebaikan.

Kemudian Allah memerintahkan kita untuk memperhatikan hak-hak anak yatim dan fakir miskin. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Tidaklah kau melihat orang yang menipu agama? yaitu mereka yang membiarkan anak-anak yatim terlantar, dan tidak peduli atas makanan orang miskin” (QS. Al-Maun : 1-3).

Jadi di dalam ayat tersebut, Allah telah menyuruh kepada kita untuk selalu memperhatikan anak yatim dan juga memberi makan kepada orang miskin. Menolong anak yatim dalam bentuk apapun adalah sebuah bukti kita, bahwa kita bukanlah orang yang berdusta. Membantu mereka adalah sebuah ibadah yang akan mendatangkan rahmat ataupun pertolongan Allah.

Masuk Surga Orang Yang Mengasuh Anak Yatim

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa yang menghilangkan kesusahan orang mukmin di dunia, maka Allah akan mehilangkan kesusahannya di dunia maupun di akhirat. Barang siapa yang meringankan kesulitan orang mukmin di dunia, maka Allah akan meringankan kesulitannya di dunia dan di akhirat” (HR. Muslim).

Mereka yang menyisihkan sebagian rezeki yang mereka miliki untuk menyantuni anak-anak yatim serta merawatnya maka jaminannya adalah syurga. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Orang yang memelihara anak yatim di kalangan umat Muslimin, memberikannya makan dan minum, pasti Allah akan memasukkannya ke dalam syurga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni” (HR. Tirmudzi).

 Di dalam hadits lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang mengikut sertakan seorang anak yatim diantara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk syurga” (HR. Abu Ya’la dan Thabrani).

Baca Juga : Yuk Kita Menyantuni Anak Yatim

 Dan orang yang memelihara anak yatim akan masuk syurga, berdekatan dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  seperti dekatnya jari telunjuk dengan jari tengah.

“Saya dan orang yang mengasuh atau memelihara anak yatim akan berada di syurga begini,” kemudian beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggangkannya sedikit.” (HR. Bukhari, Tirmidzi, Abu Daud dan Ahmad dari Sahl bin Sa’d).Menyantuni dan menyayangi mereka adalah sebuah kemuliaan. Semoga menjadi jalan buat kita mendapat kemuliaan dari Allah dan RasulNya. Aamiin.

 Yuk kak, Masuk Surga Orang Yang Mengasuh Anak Yatim, maka yuk sayangi anak-anak yatim, agar kita bisa mendapat kedudukan yang mulia di surga kelak.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top