Griya Yatim & Dhuafa

Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan 

Membaca AL-Qur'an Di Bulan Ramadhan
                                   Membaca AL-Qur’an Di Bulan Ramadhan

Donasiberkah – Sahabat Dermawan, sudah kita membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan? Kak, bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, bulan di mana di turunkannya Kitab Suci Al-Qur’an yang mulia dan untuk umat termulia. Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa malaikat Jibril selalu menemui Rasulullah pada bulan Ramadhan untuk mengajarkan Al-Qur’an dan kebaikan.

Baca Juga : Pahala Mengalir Beri Makan Sahur Untuk Anak Yatim & Dhuafa

Anjuran Membaca Al-Qur’an 

“Diriwayatkan pula bahwa malaikat Jibril selalu membacakan Al-Qur’an kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam bulan Ramadhan sebanyak satu kali. Menjelang wafat, malaikat Jibril pun membacakan Al-Qur’an kepada Rasulullah sebanyak dua kali di akhir bulan Ramadhan. Dengan begitu beliau tahu bahwa ajalnya telah dekat.” (HR. Ahmad).

Sahabat, berdasarkan hadis di atas, Rasulullah selalu memperbanyak melakukan amalan kebaikan salah satunya membaca Al-Qur’an. Di samping itu, seorang Muslim sebaiknya mengkaji Al-Qur’an bersama orang lain, dan tidak sendirian. Mendengar kan bacaan orang juga salah kebaikan baginya.

Pada bulan Ramadhan, seorang Muslim dianjurkan membaca Al-Qur’an lebih banyak dari pada bulan-bulan lainnya. Sebab, pahala beribadah kepada Allah pada bulan Ramadhan akan dilipat gandakan berkali-kali. Selain itu, juga dikarenakan Rasulullah dan orang-orang shalih melakukan amalan tersebut.

Membaca AL-Qur'an Di Bulan Ramadhan
    Membaca AL-Qur’an Di Bulan Ramadhan

Dicontohkan Para Ulama Terdahulu 

Diceritakan bahwa banyak Ulama yang tidak lagi memberikan fatwa, ceramah, dan kajian ilmiah bagi orang-orang yang berada di sekitarnya, melainkan mereka menggunakan waktunya untuk membaca Kitabullah. Dengan demikian, seseorang seyogyanya membaca Al-Qur’an secara perlahan sambil merenungkannya. Sebab, itulah yang diinginkan Allah, dapat membuahkan amal ibadah, serta meningkatkan iman.

Sahabat, ada orang yang melakukan amalan tersebut secara berlebihan membaca Al-Qur’an tapi, mereka tidak merenungkannya. Dia beranggapan bahwa yang dianjurkan adalah sering mengkhatamkan bacaannya. Akibatnya banyak mengkhatamkan Al-Qur’an setiap hari atau dua hari sekali.  

Dan ada yang melakukannya kurang dari yang dianjurkan. Dia membaca Al-Qur’an dengan malas-,malasan. Dia tidak berhenti merenungi ayat yang dibaca, sebagaimana juga tidak mengerti maknanya. Padahal  yang terbaik adalah di antara keduanya. Seorang Muslim sebaiknya mengkhatamkan Al-Qur’an tiga atau empat kali selama bulan Ramadhan. Itu pun harus dibarengi upaya untuk merenungi ayat-ayat Allah. 

Baca Juga : Ramadhan Bulan Ampunan

Yuk Tunaikan Amal Kebaikan 

Kak, jangan lupa di bulan Ramadhan memperbanyak amalan-amalan shalih yang mendatangkan keberkahan dan keridhaan Allah. Salah satunya dengan sedekah, kak bisa melakukan amalan sedekah melalui link kebaikan di bawah ini : 

Donasi Sekarang Griya yatim
                 Donasi Sekarang Griya yatim
English EN Indonesian ID
Scroll to Top