Griya Yatim & Dhuafa

Membuktikan Iman Dengan Bersedekah

Membuktikan Iman Dengan Bersedekah
                                   Membuktikan Iman Dengan Bersedekah

Donasiberkah.id – Hai sahabat dermawan, apakah pernah terpikir di dalam pikiran kita, bahwa melakukan sedekah adalah bukti ada iman di hati kita?  Ternyata memang betul, bahwa melakukan amalan sedekah membuktikan adanya iman. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sedekah itu merupakan bukti keimanan seseorang dan mereka yang bersedekah akan memperoleh pahala yang sangat besar di sisi Allah Ta’ala.” (HR. Al-Baihaqi).

Baca Juga : Raih Hadiah Besar Dari Allah Dengan Sedekah

Kembali pada tema bersedekah, pada dasarnya sedekah sudah menjadi kebiasaan dan kesukaan kaum Muslim di Indonesia untuk selalu menolong dan membantu sesama. Sedekah pun menjadi bukti bahwa kita bersyukur kepada Allah, karena bersyukur itu bukan hanya dengan lisan tetapi dengan aksi.

“Dan barang-barang baik yang engkau semua nafkahkan itu adalah untuk dirimu sendiri dan engkau semua tidak menafkahkannya melainkan karena mengharapkan keridhaan Allah, juga barang-barang baik yang engkau semua nafkahkan itu, niscaya akan dibalas kepadamu dan tidaklah engkau semua dianiaya.” (Al Baqarah: 272).

Bukti Keimanan Seseorang 

Salah satu bukti keimanan seorang muslim adalah shadaqah. Ini ditunjukkan dalam hadis dari sahabat Al Harits bin Ashim Al Asy’ari, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda :“Bersuci adalah separuh dari keimanan, ucapan ‘Alhamdulillah’ akan memenuhi timbangan, ‘Subhanallah walhamdulillah’ akan memenuhi ruangan langit dan bumi, shalat adalah cahaya, dan sedekah itu merupakan bukti keimanan.” (HR. Muslim).⠀

Membuktikan Iman Dengan Bersedekah
       Membuktikan Iman Dengan Bersedekah

Kenapa Sedekah Yang Dinyatakan Sebagai Bukti Keimanan

Kenapa shadaqah disebut sebagai bukti keimanan? Hal ini karena harta adalah perkara yang dicintai oleh jiwa kita. Berat bagi diri kita untuk melepaskannya. Sehingga ketika seseorang merelakan hartanya tersebut di jalan Allah, maka ini adalah bukti yang menunjukkan kecintaannya kepada ketaatan dan perintah yang Allah subhanahu wa ta’ala tetapkan. 

Maka kita lihat sendiri, semakin tinggi keimanan seseorang, maka semakin banyak pula dia mengeluarkan hartanya di jalan Allah. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam adalah orang yang paling tinggi keimanannya. Beliau tidak pernah tanggung-tanggung dalam bershadaqah. Pernah beliau menyedekahkan kambing beliau. Apakah satu ekor, atau dua ekor saja? Tidak. Beliau bershadaqah dengan satu lembah kambing.

Tentang hakikat kebaikan, Allah ungkap dalam salah satu firman-Nya, “Kalian tidak akan mendapatkan kebaikan, sampai kalian infakkan apa yang kalian cintai.” (Surat  Ali Imran: 92).

Baca Juga : Sedekah Kita Adalah Ladang Kebaikan

Yuk Sedekah Melalui Link Kebaikan

Yuk Kak, tunaikan sedekah untuk mengetahui kadar keimanan yang ada di dalam diri kita. Bersedekah tidak harus banyak dan tidak harus dengan uang, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengamalkan amalan sedekah tersebut. Untuk memudahkan langkah kebaikan #SahabatDermawan, bisa melalui link kebaikan di bawah ini:

Donasi Sekarang Griya yatim
                 Donasi Sekarang Griya yatim
English EN Indonesian ID
Scroll to Top