Griya Yatim & Dhuafa

Mencari Rizki Dengan Belajar Dari Makhluk Allah

Sahabat Dermawan, Pada masa-masa seperti ini yaitu krisis ekonomi berkepanjangan, seharusnya kita banyak-banyak bertafakur. karena Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Bertafakur sejenak lebih baik dari pada ibadah satu tahun.” bila kita sedang mengalami kesulitan dalam menjalankan kehidupan. Karena himpitan kebutuhan materi maka kita seharusnya kita melihat pada burung dan cacing.

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu.” (QS. An-Nahl : 66).   

Burung pada setiap paginya keluar dari sarangnya untuk mencari makanan tanpa mengetahui di mana ia harus mencari makanan tersebut. Kadang sore hari burung tersebut baru pulang dalam keadaan perut kenyang, kadang kalanya burung tersebut pulang ke sarangnya dengan keadaan perut keroncongan (kelaparan).

Mencari Rizki, Dengan Belajar Dari Makhluk Allah

Namun Kak, apakah ada di antara kakak melihat burung yang frustasi, apakah ada burung yang sampai berusaha untuk bunuh diri dengan apa yang ia dapatkan pada hari itu, namun yang jelas pastinya kita tidak pernah melihat hal tersebut. Namun burung menyadari benar bahwa kehidupan ini tidak selalu merasakan enak pastinya ada waktunya ia merasakan yang pahit.

Sahabat Dermawan, marilah kita lihat binatang yang mungkin lebih lemah dari burung, yaitu cacing. Cacing seolah-olah tidak mempunyai sarana yang layak untuk mencari makanannya, cacing tidak mempunyai  tangan, kaki bahkan cacing tidak mempunyai mata dan telinga. Tetapi cacing serupa dengan makhluk Allah yang lainnya, yaitu sama-sama mempunyai perut yang bila tidak diisi maka ia akan mati.

Kalau kita bandingkan dengan manusia, maka sarana yang dimiliki untuk mencari nafkah jauh lebih canggih daripada yang dimiliki oleh cacing. Tetapi mengapa manusia yang diciptakan Allah paling sempurna dibandingkan dengan makhluk-makhlukNya yang lain itu, banyak yang kalah dengan seekor cacing. Manusia banyak yang kurang bersyukur bahkan sampai bunuh diri akibat merasa kesulitan dalam mencari nafkah untuk kehidupannya.

Baca Juga : Mengajarkan Anak Bersedekah Pada Usia Dini

Padahal Allah Ta’ala telah menjanjikan kepada setiap makhlukNya, pasti akan mendapatkan yang namanya rizki. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).” (QS. Hud : 6).

Allah Ta’ala berfirman : “…Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya…” (QS. Ath-Thalaq : 3)

Yuk kak, semangat dalam mencari rizki Allah, jangan mau kalah dengan kedua binatang tersebut.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top