Griya Yatim & Dhuafa

Mengajarkan Anak Bersedekah Pada Usia Dini

Sahabat Dermawan pastinya sudah paham betul bahwa bersedekah itu sangat penting bagi perkembangan jiwa dan iman seseorang. Selain itu bersedekah juga merupakan bentuk empati dan tindakan yang nyata untuk menolong sesama yang kurang mampu. Sedekah juga merupakan amalan-amalan yang dapat memberikan banyak keberkahan. Baik berupa kebaikan di dunia dan juga kebaikan di akhirat kelak.

Akan tetapi, anak zaman ini kurang sekali peduli dengan sikap berbagi tersebut. Oleh karena itu kak, kita harus mengajarkan kepada anak-anak. Agar nantinya ia akan memahami betapa penting berbagi kepada sesama.Anak-anak yang terbiasa diajarkan untuk bersedekah maka kelak ia akan lebih ringan tangan dalam melakukan amalan ibadah sedekah tersebut.

Mengajarkan Anak Bersedekah Pada Usia Dini

Sedekah tidak akan membuat seseorang menjadi miskin, bahkan sedekah akan menjadikan seseorang lebih kaya, baik dalam hal apapun itu. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alihi wa sallam bersabda : “Harta tidak akan berkurang karena Shadaqoh.” (HR. Muslim)

Bahkan Allah akan melipat gandakan harta yang di keluarkan di jalan Allah. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : Jika kalian meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipat gandakan (pembalasannya) kepada kalian dan mengampuni kalian. Dan Allah Maha Pembalas Jasa lagi Maha Penyantun”. (QS. At-Taghabun: 17)

Itu artinya sangat luar biasa di dalam menyedekahkan harta kita di jalan Allah walaupun harta yang kita keluarkan sedikit, tapi Allah akan melipat gandakan apa yang kita keluarkan tersebut. Allah akan memberikan kelebihan materi maupun kaya hati, maksudnya hatinya akan lebih tentram, bahagia dan banyak di sukai oleh orang banyak.

Lalu Mengapa Anak Harus diajarkan Bersedekah?

Karena anak-anak merupakan makhluk yang gampang meniru dari orang tuanya. Oleh karena itu jika kita sebagai orang tua yang baik, maka kita harus mencontohkan hal yang baik dengan mengajarkan sedekah kepada anak. Mengajarkan sedekah pada anak maka kita harus mengajarkan bagaimana nikmatnya bersedekah, betapa bahagianya hati setelah melakukan sedekah.

Ada tiga macam sedekah yang bisa diajarkan kepada anak, yaitu sedekah dengan hati dan sedekah dengan perbuatan.

Pertama adalah sedekah dengan hati, sedekah dengan hati adalah sedekah yang dilakukan dengan niatan yang tulus karena Allah semata. Ketika anak sudah memiliki niatan baik maka itu sudah menjadi dasar sedekah yang luar biasa, karena segala sesuatu harus di mulai  dengan niatan yang baik dan tulus. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan..” (HR. Bukhari & Muslim).

Baca Juga : Sedekah Tak Perlu Menunggu Kaya

Ketiga adalah sedekah dengan perbuatan, mengajarkan anak dengan gemar bersedekah adalah dengan memberikan teladan atau contoh, anak dapat melihat semata-mata orang tuanya yang melakukan perbuatan sedekah tersebut. Orang tua tidak hanya bersedekah untuk diri sendiri tapi berikan anak kesempatan untuk bersedekah, sehingga anak akan mengalami secara langsung pengalaman bersedekah.

Yuk Kak, mari  kita ajarkan kepada anak untuk bersedekah, agar ia terbiasa melakukan hal tersebut di kemudian hari.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top