Griya Yatim & Dhuafa

Mengapa Harus sedekah dengan Yatim?

Donasiberkah.id – Sahabat Dermawan, Agama Islam menempatkan anak yatim yang begitu istimewa. Maka dengan kedudukannya yang sangat istimewa itu, Namun kita sempat berpikir kenapa harus bersedekah kepada anak yatim? lalu Mengapa Harus sedekah dengan Yatim? Yuk kita simak penjelasan berikut ini.

Sedekah adalah salah satu ibadah yang dimuliakan Allah, Allah berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18).

Rasulullah menganjur kan kepada umatnya untuk berbuat baik kepada anak yatim serta memperbanyak sedekah kepada mereka. Selama masa hidupnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa menyantuni, mengasihi, dan memberikan bantuan terhadap anak yatim, dengan hal ini mereka tetap merasakan atau memiliki sosok dan nafkah dari seorang Ayah.

Mengapa Harus Sedekah dengan Yatim  

Dari apa yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam contoh kan, di dalam ayat Al-Qur’an pun juga banyak perintah untuk menyantuni dan mengasihi anak yatim. Berikut adalah ayat-ayat Al-Qur’an yang berkenaan dengan perintah menyantuni anak yatim dan penjelasan tentang menyantuni anak yatim. Meskipun kita bisa bersedekah kepada orang lain, akan tetapi bersedekah kepada anak yatim merupakan salah satu upaya kita agar tidak termasuk orang-orang yang mendustakan Agama

Sedekah untuk Anak Yatim Bukti Ketakwaan Kepada Allah

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Tahukah kamu orang yang mendustakan agama itulah orang yang menghardik anak yatim dan tidak memberi makan orang miskin, maka celakalah bagi orang-orang yang sholeh yaitu orang-orang yang lalai dari sholatnya, orang-orang yang berbuat riya dan enggan menolong dengan barang berguna”. (QS. Al-Ma’un ayat 1-7).

Kemuliaannya seseorang yang merawat, serta memberikan hartanya kepada anak yatim, sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa mengambil anak yatim dari kalangan Muslimin, dan memberinya makan dan minum, Allah akan memasukkannya ke syurga, kecuali bila ia berbuat dosa besar yang tidak terampuni.( HR. Turmudzi).

Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku dan orang yang menanggung anak yatim, (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya.” (H.R Bukhari).

Yuk bersedekah Kak, sebab dengan bersedekah Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda, dan dengan bersedekah Allah akan mendatangkan ridhaNya di segala aktivitas kita. Kamu bisa bersedekah untuk yatim dan dhuafa dengan cara klik tombol dibawah ini ya ka :

English EN Indonesian ID
Scroll to Top