Griya Yatim & Dhuafa

Mengisi Waktu Luang Anak Asuh Menanam Hidroponik Kangkung

Mengisi Waktu Luang Anak Asuh Menanam Hidroponik Kangkung
         Mengisi Waktu Luang Anak Asuh Menanam Hidroponik Kangkung

Donasiberkah – Sahabat Dermawan, waktu luang biasanya digunakan untuk melakukan kegiatan apa saja? Semoga waktu luang digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat. Aamiin. Alhamdulillah kak, adik-adik kita menggunakan waktu luangnya untuk menanam tanaman hidroponik kangkung di halam Asrama. Inilah artikel mengisi waktu luang anak asuh menanam hidroponik kangkung.

Mengisi Waktu Luang Dengan Hal Yang Positif

Salah Satu kegiatan dalam mengisi waktu luang, Asrama Griya Yatim & Dhuafa. Selalu melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat, selain melakukan kegiatan diniyah, mereka juga melakukan kegiatan merawat dan menanam tumbuhan. Tumbuhan yang mereka tanam dengan metode hidroponik.

Baca Juga : Semangat Di Bulan Rajab Anak Asuh Tadarus Al-Qur’an

Kepala Asrama Balikpapan, Abi Tony Kristanto  mengatakan, dengan cara inilah, Kami selaku Kepala Asrama melatih dan juga mengasah skill serta memperluas wawasan mereka terhadap cara menanam tanaman hidroponik.

Sesuai dengan namanya, hidroponik adalah cara bertanam yang menggunakan dengan media air sehingga tanpa memerlukan tanah, namun tidak menggunakan tanah akan tetapi harus tetap diberi nutrisi tanaman dengan menambahkan nutrisi dan unsur hara ke dalam air.

Dalam kegiatan yang mereka lakukan, mereka anak asuh Griya Yatim & Dhuafa bisa mendapatkan hal yang baru dan menambah ilmu dalam bercocok tanam. Nah, dalam metode ini tidak memerlukan pemakaian bahan kimia. Sehingga lebih ramah terhadap lingkungan dan sayur yang akan dihasilkan juga akan lebih segar dan lebih sehat.

Mengisi Waktu Luang Anak Asuh Menanam Hidroponik Kangkung
Mengisi Waktu Luang Anak Asuh Menanam Hidroponik Kangkung

Menanam Hidroponik Menghasilkan Kualitas Terbaik

Bertanam dengan hidroponik akan menghasilkan tanaman yang berkualitas baik, dan tanpa ada campuran bahan yang berbahaya. Hampir semua jenis sayuran dan buah bisa dibudidayakan dengan menggunakan metode hidroponik. Tanaman yang paling sering dibudidayakan dengan hidroponik adalah sayur seperti caisim, kangkung dan selada.

Selain itu, menanam sayuran hidroponik juga membuat anak asuh bisa belajar sabar dalam merawat dan menuai hasil di kemudian hari. “Ini untuk memotivasi mereka agar sering makan sayur, agar gizinya terpenuhi dan seimbang, karena sebelumnya anak-anak pada kurang suka dengan sayur,” ungkap Abi Tony.

Harapan Abi 

Ia berharap, anak asuh dapat terus rutin melakukan hal baik ini. Sebab, ungkap Abi, sangat dirasakan manfaatnya. Mereka semakin rajin untuk merawat dan menyiram tanaman, “Mudah-mudahan mereka tidak merasa bosan dan selalu semangat dalam bercocok tanam,” tuturnya.

Baca Juga : Anak Asuh Balikpapan Semangat Menghafal Al-Qur’an 

Yuk Dukung Kegiatan Mereka

Yuk kak kita doakan agar tumbuhan tersebut dapat tumbuh dengan baik. Terima kasih kak, yang tidak pernah lelah untuk selalu membersamai kami dalam memberikan tenaga maupun menyisihkan sebagian dari penghasilannya. Untuk merawat dan mendidik adik-adik Griya Yatim dan Dhuafa.

Baca Juga : Di Hari Libur Anak Asuh Bukittinggi Semangat Tadarus Dhuha

Yuk kak, terus bantu kami untuk mewujudkan kesejahteraan anak-anak yatim dan dhuafa dengan ikut berdonasi dari sebagian hartanya. Semoga Allah memberkahi dan juga memberikan kemudahan serta kelancaran dalam segala urusannya, baik di dunia maupun di akhirat. Semoga dengan menyisihkan hartanya, menjadi salah satu penyebab kita masuk surganya Allah. Aamiin.

Asrama Yatim
                          Asrama Yatim
English EN Indonesian ID
Scroll to Top