Griya Yatim & Dhuafa

Menjadi Manusia Yang Paling Baik

Griya Yatim Dhuafa
Menjadi Manusia Yang Paling Baik
                                         Menjadi Manusia Yang Paling Baik

Donasiberkah.id – Setiap manusia pasti ingin menjadi yang terbaik diantara manusia lainnya. Baik di dunia manupun di akhirat, terutama di pandangan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Pada hakikatnya manusia terbaik di ukur bukan dengan harta, tahta,  jabatan, dan popularitas. Maka ada beberapa kriteria  yang perlu diketahui, bahwa kriteria ini dapat memantaskan seseorang menjadi manusia terbaik. Baik pandangan manusia maupun di pandangan Allah Subhanahu wa Ta’ala. 

Baca Juga : Berbuatlah Kebaikan

Berikut Ini Macam – macam Kriteria Manusia Terbaik

Cepat melunasi hutang 

Manusia terbaik adalah manusia yang pandai melunasi hutang, bukan menunda-nunda, dan berpura-pura lupa dengan hutang. sebagaimana Nabi shallallahu alaihi wa sallam Bersabda : “sebaik-baik kalian adalah yang paling baik dalam membayar hutang.” (HR. Muttafaq Alaih) 

Belajar dan mengajarkan Al-quran

Ketika kita belajar, tapi bukan hanya sekedar belajar karena manusia terbaik adalah manusia yang belajar dan mengajarkan Al-quran Nabi shalulahu alaihi wa sallam bersabda : “sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-quran dan mengajarkan.” (HR. Bukhari)

Terbaik bagi keluarga

Biasanya orang memandang bahwa orang terbaik adalah yang berprestasi di tempat kerja dan di komunitasnya, tapi sebenarnya yang terbaik adalah di keluarga. Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “sebaik-baik kalian adalah (suami) yang paling baik terhadap keluarga nya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku.” (HR. Tirmizi).

Menjadi Manusia Yang Paling Baik
         Menjadi Manusia Yang Paling Baik

Terbaik Akhlaknya 

Orang yang terbaik adalah yang baik terhadap Rabbnya, sesama manusia dan, sekitarnya. Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “sebaik-baik kalian islamnya adalah yang paling baik akhlaknya jika mereka menuntut ilmu.” (HR. Ahmad)

Memberikan makan


Manusia yang suka memberikan makanan untuk manusia lainnya yang membutuhkan. Sebagaimana Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :”sebaik-baik kalian adalah yang memberikan makanan.”(HR. Ahmad)

Umurnya panjang dan baik amalnya

Disebutkan dalam hadits bahwa seorang arab badui berkata kepada nabi sallallahu alaihi wa sallam : “Wahai Rasulullah, siapakah sebaik-baik manusia? Beliau Menjawab : siapa yang panjang umurnya dan baik amalnya.” (HR. Tirmizi)

Bermanfaat Untuk Orang lain 

Yaitu ketika dalam hidupnya selalu memberikan manfaat untuk orang lain. Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda : “sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainya.” (HR. Ahmad, Thabrani, dan Daruquthni).

Baca Juga : Gunakan Waktu Untuk Hal Kebaikan

Yuk Pantaskan Jadi Manusia Terbaik 

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala selalu membimbing kita, agar senantiasa mengerjakan amalan baik. Sehingga  kita  dapat memantaskan diri untuk menjadi manusia terbaik di mata Allah subhanahu wa ta’ala. Dengan begitu Allah pun akan meridhoi kita untuk masuk ke surganya. Amin..ya Rabbal alamin 

36 views