Griya Yatim & Dhuafa

Menjadi Pembuka Pintu Kebaikan

Menjadi Pembuka Pintu Kebaikan
                                              Menjadi Pembuka Pintu Kebaikan

Donasiberkah – Kak, tahukah, bahwa amalan kebaikan dan keburukan ada penyebabnya? Beberapa hal yang dapat menjadikan kita termasuk pembuka pintu kebaikan dan penutup pintu keburukan. Yuk kita simak artikel menjadi pembuka pintu kebaikan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Sesungguhnya di antara manusia, ada orang yang menjadi pembuka pintu kebaikan dan penutup pintu keburukan, namun ada juga orang yang menjadi pembuka pintu keburukan dan penutup pintu kebaikan. Maka berbahagialah orang-orang yang Allah jadikan kunci kebaikan ada pada kedua tangannya. Dan celakalah orang-orang yang Allah jadikan kunci keburukan ada pada kedua tangannya” (HR. Ibnu Majah). Di antaranya adalah :

Baca Juga : Bersabarlah Menghadapi Ujian Dengan Kesabaran Yang Indah

Menjalankan Amalan Ikhlas Karena Allah Ta’ala  

Ikhlas kepada Allah dalam ucapan dan amalan. Kita tidak boleh melakukan amalan apapun atau mengucapak ucapan apapun, kecuali hanya mengharapkan pahala dan ridhanya  Allah Ta’ala. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Sesungguhnya aku di perintahkan untuk menyembah Allah dengan penuh keikhlasan kepada-Nya dalam menjalankan Agama” (QS. Az-Zumar : 11). Dan orang yang ikhlas adalah orang yang tulus dalam ucapannya dan amalan perbuatannya.

Selalu Mengharap Dengan Cara Berdo’a  

Berdo’a dengan sungguh-sungguh kepada Allah agar menjadikan dirinya sebagai pembuka pintu kebaikan dan penutup pintu keburukan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Perbanyaklah berdoa. Sesungguhnya kamu tidak akan mengetahui kapan doamu terkabulkan” (HR. Ath-Thabrani).

“Berdoalah kepada kepada Rabbmu di saat kamu senang (Bahagia). Sesungguhnya Allah berkata. ‘Barang siapa berdoa (berharap) kepada-Ku di waktu senang (bahagia), maka Aku (Allah) akan mengabulkan doanya di waktu dia kesulitan” (HR. Ar-Rabi’).

Menjadi Pembuka Pintu Kebaikan
               Menjadi Pembuka Pintu Kebaikan

Tidak Menunda Ibadah Kepada Allah

Bersegera beribadah kepada Allah. Terutama menunaikan ibadah-ibadah yang telah di perintahkan oleh Allah dan diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, terutama  ibadah yang wajib.

Baca Juga : Jangan sekali-kali melalaikan shalat

Berakhlak Yang Mulia

Akhlak merupakan salah satu perangai atau tabiat baik dan buruknya perilaku seseorang. Maka berhias dengan akhlak yang mulia dan menjauhi akhlak yang buruk. Dengan cara mencontoh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu Suri Teladan yang baik bagimu (yaitu0 bagi orang yang mengharap (rahmat) dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah” (QS. Al-Ahzab : 21).

Memilih Teman Yang Baik

Orang yang beriman tidak duduk-duduk akrab dengan siapa saja. Karena teman akrab itu dapat mempengaruhi agama. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedep” (HR. Bukhari & Muslim).

Baca Juga : Inilah Teman Yang Baik

Yuk Kak, lakukan amalan tersebut agar Allah membuka pintu keberkahan dan menutup pintu keburukan kepada kita. Semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita dalam menjalankan amalan tersebut. Aamiin. Yuk #SahabatDermawan Kunjungi dan Berbagi Kebaikan melalui link : https://berbagi.link/griyayatim

English EN Indonesian ID
Scroll to Top