Griya Yatim & Dhuafa

Menjadi Sehat Dengan Mencontoh Nabi

Donasiberkah.id – Nabi Muhammad SAW selain sebagai seorang nabi dan rasul Allah SWT, beliau juga menyandang sebagai seorang manusia. Itu artinya adalah antara satu manusia dengan yang lainya adalah sama, yaitu sama-sama sebagai makhluk yang lemah, tidak kebal terhadap penyakit, dan sangat memungkinkan merasa sakit, begitulah sunnatullah yang umum ada pada diri setiap manusia.Yuk kita simak menjadi sehat dengan mencontoh nabi. semoga bermanfaat ya.

Lalu pernahkah Rasulullah sakit ?

Membuka kembali lembaran sejarah kehidupan Rasulullah akan membuat kita menemukan sebuah fakta yang luar biasa. Beliau seorang manusia yang dalam hidupnya hampir tidak pernah sakit. Atau dengan kata lain, beliau selalu dalam keadaan sehat.

Bila mau diungkapkan secara tepat, sejarah mengemukakan bahwa Rasulullah setidaknya pernah tiga kali mengalami sakit. Sakit yang dialami beliau bukan karena kecerobohan atau kelalaian beliau dalam menjaga kesehatan tetapi dikarenakan faktor eksternal yang menjadi penyebabnya. Ada 3 kejadian Rasulullah pernah mengalami sakit yaitu disihir oleh seorang Yahudi, diracuni wanita Yahudi serta sakit karena terluka ketika berperang.

Cara Hemat untuk Sehat ?

Pada masa sekarang ini, orang-orang yang ingin sehat rela mengeluarkan begitu banyak uang. Mereka mengusahakan kesehatan dengan berbagai macam cara  mulai sesuatu yang bersifat pencegahan hingga menghadirkan sarana yang bersifat pengobatan.

Tak mengherankan jika ada yang berkata, “Sehat itu Mahal.” Ada benarnya pernyataan itu, meskipun nilai kebenaranya tidak bersifat mutlak. Lantas, adakah cara menjadi sehat dengan biaya super hemat? Jawabanya, Ada! Percayalah!

Cara Menjadi sehat dengan biaya yang super hemat adalah mencontoh Rasulullah. ya contohlah kehidupan beliau, Bagaimanakah pola makan, pola tidur, aktivitas sehari-hari, dan sebagainya. Hanya dengan mencontoh beliau, tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, tetapi cukup mempraktekan apa yang kita contoh dari beliau dalam kehidupaan sehari-hari, niscaya kita akan mampu menjadi pribadi yang sehat sepanjang hayat, Insya Allah.

Pola Hidup Sehat Rasulullah

Nabi Muhammad SAW, adalah sosok teladan yang dalam kehidupan sehari-hari senantiasa menerapkan pola hidup sehat. Beliau dengan sungguh-sungguh memperhatikan urusan kesehatan, maka tidak heran jika beliau tidak pernah sakit. Lalu bagaimana pola hidup sehat ala Rasulullah, yuk kita simak :

  • Menjaga Pola Tidur

Beliau tidur hanya sekedar memenuhi hak tubuh yaitu bila tubuh membutuhkan istirahat, maka beliau istirahat dan dilakukannya dalam waktu yang cukup, tidak berlebihan.

Secara singkat, Rasulullah memiliki waktu yang dijadikan kebiasaan bagi beliau dalam tidur. Waktu tersebut adalah menyegarkan badan, lalu tidur setelah shalat isyak dan bangun pada awal tahun dari sepertiga malam terakhir. Setelah qiyamul lail, beliau menyempatkan tidur sejenak sebelum azan subuh. Setelah adzan subuh beliau tidak pernah tidur sampai waktu dhuha usai, kemudian di waktu shalat dzuhur beliau menyempatkan tidur sejenak. Lalu tidak tidur lagi sampai waktu isya.

  • Menjaga Pola Makan

Demikian pula mengenai makanan, Rasulullah juga patut jadi teladan utama, Pola makan beliau tidak berlebihan dan mencukupkan diri dengan makanan secukupnya. Beliau juga pandai memilih dan mengkombinasikan jenis makanan, sehingga meminimalisir akibat buruk yang bisa datang dari makanan.

Selain mengenai istirahat dan makan, pola kehidupan beliau yang lainya sungguh luar biasa. Yuk kita ikuti pola hidup ala Rasulullah agar kita bisa terhindar dari banyak penyakit serta terjaga fisik dan jiwanya ya. Mau Menjadi Sehat Dengan Mencontoh Nabi ya.

(Refrensi Buku : 2011 – Asadullah Al-Faruq – Mengapa Nabi Nggak gampang sakit)

English EN Indonesian ID
Scroll to Top