News

Menjadi Seorang Muslim Yang Baik

Seorang Muslim Yang Baik

Seorang muslim harus memiliki akhlak yang baik, atau yang disebut dengan akhlak al-karim. Akhlak adalah sifat-sifat baik ataupun perangai-perangai baik yang dihasilkan dari ibadah yang benar. Jadi seorang muslim yang beribadah dengan baik, InsyaAllah memiliki akhlak yang baik. Ketika seorang muslim memiliki akhlak yang baik maka ia dapat membedakan hal yang baik dan buruk. Insya Allah bisa menjadi seorang muslim yang baik.

Pada hakikat dasarnya, akhlak adalah sifat yang tertanam dalam diri manusia sejak lahir, oleh sebab itu akhlak akan menimbulkan perbuatan yang tanpa disadari nya karena telah tertanam pada dirinya. Jadi hasilnya adalah, ibadah yang benar akan menimbulkan akhlak dan  kebiasaan yang baik.

Menjadi Seorang Muslim Yang Baik

Akhlak tidak dapat lepas dari akidah dan juga syariat. Akhlak itu menimbulkan berbagai macam kebajikan, tapi apa itu kebajikan? Allah berfirman : “Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan memerdekakan hamba sahaya, mendirikan solat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan, dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Baqarah : 177).

Baca Juga : Hal Yang Diminta Pertanggung Jawabannya

Dalam ayat diatas disebutkan kaitan antara kebajikan dan keimanan. keimanan kepada Allah adalah dasar dari kebajikan. Oleh karena itu, dikatakan bahwa ibadah dan keimanan yang benar akan menghasilkan akhlak dan perbuatan yang baik. Seorang muslim yang baik tidak akan melakukan perbuatan yang bertentangan dengan jati diri nya, Rasulullah bersabda : “Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya dikka mengucapkan yang baik (yang sesuai dengan ajaran Islam) atau diam.

Sebaik-baiknya akhlak adalah akhlak nya Rasulullah, maka Rasulullah adalah teladan yang paling baik, Allah berfirman : “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”. Maka jika kita ingin menjadi seorang muslim yang baik, ikutilah Rasulullah.

Seorang muslim yang baik pasti menjalani semua perintah Allah dan RasulNya, dan akan dijalankannya dengan penuh ketulusan dan begitu pula meninggalkan apa yang di larang Allah dan RasulNya meskipun hawa nafsu ingin melakukannya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Seorang muslim yang baik adalah yang mampu menghidarkan (kejahatan) lisan dan tangannya terhadap orang lain.”(HR. Bukhari dan Muslim).

Hadits diatas menuturkan bahwa Rasulullah memberikan tuntunan kepada umatnya, agar senantiasa menjaga lisan dan tangannya dari perkataan dan perbuatan kotor, membicarakan keburukan orang lain, memfitnah, memukul dan menyebarkan fitnah.  

Rasulullah juga memberikan permisalan seorang mukmin yang baik, Rasulullah bersabda : “Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sesungguhnya perumpamaan mukmin itu bagaikan lebah yang selalu memakan yang baik dan mengeluarkan yang baik. Ia hinggap (di ranting) namun tidak membuatnya patah dan rusak.” (HR Ahmad dan dishahihkan oleh Ahmad Syakir)

Yuk sahabat, terus kita berdoa dan berusaha agar bisa menjadi Muslim yang Baik, dan menjadi lebih baik lagi ketika kita meninggalkan bulan yang baik ini. Aamiin…

Share it on