Griya Yatim & Dhuafa

Menjaga Kebersihan dan Kerapihan, Tuntunan Mulia dalam Kehidupan Sehari-hari

Sedekatduajari – Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberikan tuntunan yang sangat berharga mengenai pentingnya kebersihan dan kerapihan dalam kehidupan sehari-hari. Beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.” (HR. Tirmizi).

Hadis di atas menggarisbawahi bahwa kebersihan bukan hanya sekadar tindakan fisik, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai iman. Menjaga kebersihan bukan hanya kewajiban, melainkan juga merupakan ekspresi cinta dan hormat kita kepada pencipta, Allah SWT. Saat kita hidup dalam kebersihan, kita menciptakan lingkungan yang diinginkan oleh-Nya.

Baca Juga : Membawa senyum bahagia dan harapan melalui bantuan kebutuhan guru ngaji

Ruangan yang rapi tidak hanya memberikan kesan indah secara visual, tetapi juga memiliki dampak positif pada kesejahteraan kita. Kerapihan menciptakan ketenangan, meredakan stres, dan meningkatkan fokus. Dengan menjaga kerapihan, kita menciptakan lingkungan yang mendukung keseimbangan mental dan emosional.

Proses menjaga kebersihan dan kerapihan dimulai dari diri sendiri. Bersihkan dan aturlah ruang tempat tinggal, tempat kerja, atau tempat umum dengan sungguh-sungguh. Pahami bahwa tindakan kecil seperti membuang sampah pada tempatnya, merapikan barang-barang, dan membersihkan tempat tinggal adalah bentuk ibadah yang ringan namun sangat bernilai di sisi Allah SWT.

Baca Juga : Tunaikan Zakatmu Raih Berkah Dunia Akhirat

Bagi Sahabat Dermawan yang ingin merasakan kebahagiaan melalui kebersihan dan kerapihan, jangan ragu untuk berkunjung ke Sedekatduajari. Di sana, Anda dapat menemukan berbagai program dan kegiatan amal yang mendukung pembangunan masyarakat yang lebih bersih dan teratur.

Selain melalui platform online, Sahabat Dermawan juga dapat langsung merasakan kebahagiaan dengan berkunjung ke asrama terdekat. Adik-adik yatim dan dhuafa akan merasakan kebaikan dan kepedulian Sahabat Dermawan melalui lingkungan yang bersih dan teratur. Bersihkan tidak hanya fisik, tetapi juga spiritual dan sosial.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top