News

Menjaga Kesehatan Mata

Sahabat dermawan, mata adalah salah satu organ indera yang penting bagi manusia. Menjaga kesehatan mata dapat menghindarkan kita dari risiko penyakit mata hingga hilangnya penglihatan. Tapi terkadang kita lupa untuk menjaga kesehatan mata kita. Padahal menjaga kesehatan mata merupakan bentuk syukur kita kepada Allah yang telah memberikan kita penglihatan.

Menjaga kesehatan mata bukanlah perkara yang sulit. Tapi terkadang kita lupa akan hal itu. Berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata :

  • Memakan makan yang kaya nutrisi

Penelitian menunjukkan bahwa makanan sehat yang mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, C dan E, zinc, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3, dapat membantu menangkal masalah mata terkait usia, misalnya katarak dan degenerasi makula. Berbagai nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan jeruk.

  • Tidak terlalu lama menatap layar

Menatap layar  komputer atau smartphone terlalu lama dapat menyebabkan mata lelah. Ini disebabkan oleh sinar biru (blue light) yang dipancarkan oleh monitor ataupun smartphone. Selain rusaknya mata disebabkan sinar biru tersebut, mata yang hanya melihat monitor secara berjam-jam juga akan lelah disebabkan otot mata yang selalu mengkunci jangkauan pandang sejauh layar saja. Hal inilah yang menyebabkan rabun jauh, dikarenakan otot mata yang tidak bisa menyesuaikan jarak pandang.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Untuk itu mengistirahatkan mata selama 15 menit tiap 2 jam sekali sangat lah dianjurkan. Jika memungkinkan, ketika beristirahat, keluar dan lihatlah pemandangan hijau pepohonan, hal tersebut dapat merefresh otak dan mata. Dan ketika mata terasa kering, seringlah mengedipkan mata. Maka untuk kakak yang bekerja didalam ruangan dan selalu menatap monitor, usahakan untuk banyak minum air, agar tidak dehidrasi.

  • Gunakan kacamata atau lensa kontak

Untuk kakak yang telah memiliki masalah pada penglihatan, seperti rabun jauh maupun dekat. Dianjurkan untuk menggunakan kacamata, meskipun rabun tersebut tidak terlalu parah. Untuk kakak yang kurang percaya diri menggunakan kacamata, bisa menggunakan lensa kontak. Tapi ingat, lensa kontak tidak untuk digunakan selama lebih dari 17 jam. Sebab, nanti malahan akan membuat mata menjadi iritasi dan membuat masalah pada mata jadi bertambah parah.

  • Jangan membaca di cahaya yang redup

Mata akan lebih mudah lelah ketika digunakan untuk membaca di dalam cahaya yang redup. Dikarenakan fokus mata akan terganggu. Selain itu, jangan membaca tulisan yang terlalu kecil. Juga jangan membaca dengan jarak lebih dekat daripada 2 jengkal dari mata.

Cara Rasulullah menjaga kesehatan mata

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam punya cara menjaga kesehatan mata. Diriwayatkan Abu Daud dalam kitab sunannya, dari Abdurrahman Ibnu Nu’man Ibnu Ma’ad Ibnu Haudzah al-Anshariy, dari ayah dan kakeknya disebutkan bahwa Rasul menyuruh mengolesi mata dengan batu celak mata yang dibaluri wewangian misik sebelum tidur.

Imam Ahmad menjelaskan, “Hal yang perlu diperhatikan dalam mencelaki mata adalah hendaknya mata kanan didahulukan terlebih dahulu. Hendaknya mencelaki mata dengan bilangan (celakan) ganjil, bisa dilakukan pada mata kanan tiga kali, kemudian mata kiri dua kali atau mata kanan dan kiri masing-masing tiga kali.”

Para ahli medis mengatakan celak mata memiliki daya guna dan faedah. Di antara kegunaan yang paling utama adalah menjaga kesehatan mata, menjaga kejernihan pandangan mata dan menambah ketajaman daya pandang serta penglihatan mata, sehingga bisa memandang dengan jelas dan terang.

Yuk kak kita ingatkan diri kita untuk menjaga kesehatan mata,  mencegah lebih baik daripada mengobati, tidak terkecuali untuk kesehatan mata.

Share it on