News

Menu Sarapan Anti Ngantuk

Kantuk yang datang usai sarapan sering terjadi hampir pada setiap orang. Rasa kantuk tersebut terkadang disertai dengan rasa lelah yang cukup mengganggu aktivitas harian. Walaupun banyak orang yang merasa sarapan membuat rasa kantuk menjadi-jadi, makan setiap pagi ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Inilah Menu Sarapan Anti Ngantuk Yang Bikin Bertenaga Sepanjang Hari.

Menurut sebuah penelitian, rutin sarapan pagi ternyata menurunkan tingkat stres dan depresi. Bahkan, sarapan juga memenuhi sekitar 15-30 persen kebutuhan gizi harian Anda. Jika sarapan pagi terlewatkan, kemungkinan besar tubuh akan merasa lebih lemas karena berada dalam kondisi lapar.

Hal yang menyebabkan ngantuk

Menu Sarapan Anti Ngantuk Yang Bikin Bertenaga Sepanjang Hari

Makan terlalu banyak ketika sarapan, akan membuat kita mengantuk ketika menjelang siang. Namun, sarapan yang terlalu sedikit juga akan membuat tubuh kita kekurangan energi. Sebab sarapan pagi itu sangat berpengaruh pada produksi energi sepanjang hari.

Oleh karena itu, menu sarapan itu harus diperhatikan. Untuk menunjang produktivitas kita selama sehari penuh. Di usahakan, sebaiknya untuk makan sarapan dengan secukupnya, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu berlebihan.

Baca Juga : Pilihan Menu Bekal Sehat Untuk Ke Kantor

Oksigen memang dibutuhkan tubuh guna menjalankan fungsi organ-organ manusia. Di antaranya yaitu fungsi pencernaan. Jadi ketika Anda makan terlalu banyak, sistem pencernaan harus bekerja ekstra keras untuk memproses makanan tersebut. Dalam prosesnya, oksigen akan lebih banyak dipakai oleh perut sehingga otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup.

Sahabat, Ini dia beberapa menu pilihan demi pagi yang lebih segar dan sehat :

Sandwich Alpukat

Salah satu menu sarapan pagi yang mungkin membantu kamu agar tidak mengantuk adalah sandwich alpukat. Alpukat dikenal sebagai super-food yang mengandung vitamin, mineral, dan lemak yang memberikan tenaga untuk kamu sepanjang hari. Selain itu, alpukat juga kaya akan serat, sehingga membantu menjaga gula darah tetap seimbang.

Tumis Bayam dan Telur

Selain alpukat, ternyata tumis bayam dan telur termasuk menu sarapan yang tidak membuat Anda mengantuk. Bayam termasuk sayuran yang menjadi sumber vitamin C, folat, dan zat besi. Selain itu, telur juga menjadi sumber protein, sehingga ketika digabungkan menjadi sarapan pagi yang cukup menyehatkan.

Jus Susu Kurma

Walaupun rasa sangat manis, ternyata kurma juga menjadi menu pilihan yang mungkin tidak membuat Anda mengantuk dan lelah sepanjang hari. Hal ini dikarenakan kurma adalah makanan yang kaya akan kalsium, fosfor, kalium, seng, dan zat besi.

Omelet dengan keju

Bagi kamu pecinta menu sarapan gurih, omelete dengan keju bisa jadi salah satu pilihannya. Selain praktis seseorang yang sarapan telur lebih cepat merasa kenyang sehingga kalori yang masuk pun lebih sedikit. 

Sedangkan keju yang tinggi protein akan membantu proses metabolisme sekaligus menurunkan hormon ghrelin penyebab lapar. Kandungan gizi dalam telur dan keju ini bisa memenuhi asupan nutrisimu di pagi hari agar tetap terjaga dan tak mudah lemas.

Sahabat dermawan, Yuk kita terapkan Menu Sarapan Anti Ngantuk Yang Bikin Bertenaga Sepanjang Hari, dengan empat pilihan menu sarapan di atas kamu tidak perlu khawatir lagi menjalani hari tanpa tenaga yang kurang.

Share it on