Griya Yatim & Dhuafa

Meraih Surga Dengan Ilmu

Menuntut ilmu merupakan kewajiban setiap muslim. Meraih ilmu bukanlah hanya untuk kesuksesan dunia saja. Tapi, meraih ilmu juga merupakan upaya untuk meraih ridho Allah. Kita pun bisa meraih surga dengan ilmu. 

Sahabat Dermawan, seorang muslim tidak berhenti pada suatu tahapan yang dianggap sempurna. Akan tetapi ia akan terus berusaha menambah keutamaan. Jika ilmu yang bermanfaat adalah perlambang dari keutamaan, maka seorang muslim tidak akan pernah puas dengan ilmu.⁣ 

Bagaimana akan puas jika teladannya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, manusia yang penuh dengan keutamaan, juga masih menjalankan perintah Allah subhanahu wa ta’ala dalam firmanNya : “Maka Maha Tinggi Allah, Raja yang sebenar-benarnya. Dan janganlah engkau (Muhammad) tergesa-gesa (membaca) Al-Qur’an sebelum selesai diwahyukan kepadamu, dan katakanlah, “Ya Rabbku, tambahkanlah ilmu kepadaku” (QS. Taha : 114).

Meraih Surga Dengan Ilmu

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Ya Allah, berilah manfaat atas apa yang Engkau ajarkan kepadaku, ajarilah aku hal-hal yang bermanfaat bagiku, dan tambahilah aku ilmu.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Kak, sebagai umat Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, kita senantiasa di perintahkan agar selalu memohon supaya ditambahkan ilmuNya. Karena ilmu ibarat lautan yang tak pernah bertepi, semakin dalam seseorang mengarunginya. Semakin sadar betapa dangkal apa yang telah ia mengerti.

Demikianlah kak, seorang hamba akan selalu berada dalam naungan kebaikan selama ia tekun mempelajari hal-hal yang bermanfaat dan dapat memanfaatkan apa yang ia ketahui. Serta tetap menjaga keingintahuannya terhadap hal-hal yang bermanfaat.

Pada hakikatnya orang yang berilmu itu selalu merasakan ada yang kurang dalam pengetahuannya. Semakin banyak yang kita ketahui, maka kita pun akan mengetahui bahwa lebih banyak hal yang tidak kita ketahui.  Karena ilmu Allah itu sangat luas, sebagaimana perkataan sahabat Anas bin Malik : Allah berada di atas langit. Sedangkan ilmuNya berada di mana-mana, segala sesuatu tidaklah lepas dari ilmuNya.”

Kenikmatan mencari ilmu akan mendorong seseorang untuk senantiasa mencari dan mencari. Ini adalah kenyataan yang telah disabdakan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. “Dua kegemaran yang tidak pernah terpuaskan, (yaitu) menuntut ilmu dan mencari dunia.” (HR. Al-Bazzar).

Jika menuntut ilmu dilakukan dengan ikhlas dan demi mencari keridhaan Allah semata. Juga untuk menyempurnakan akhlaknya dan supaya orang lain bisa mendapatkan manfaat dari ilmunya, maka Allah akan memudahkan kita untuk mendapatkan ilmu yang dimaksudkan. Bahkan Allah juga akan memudahkan jalannya menuju ke surga. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim).

Ilmu yang dimaksudkan secara khusus dalam hadits tersebut adalah ilmu agama, yakni ilmu islam. Dan sebagai sumbernya, Allah telah mudahkan bagi kita dengan menurunkan Al-Qur’an. Firman Allah subhanahu wa ta’ala : “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran ?” (QS. Al-Qamar : 17).

Baca Juga : Inilah Cara Mudah Masuk Surga

Maka orang-orang yang mengambil pelajaran dari Al-Qur’an akan Allah berikan keselamatan dan juga ridhoNya. Dan Allah tunjukkan padanya jalan yang lurus.

Allah berfirman : “Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus”. (QS. Al-Maidah : 16)

Yuk Kak, tetap bersemangat dalam menuntut ilmu, serta jangan pernah lupa untuk berdoa dan mengamalkan ilmu tersebut, agar kelak menjadi amalan yang akan memberatkan timbangan kita. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top