News

Minuman Yang Baik Turunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau disebut Hipertensi merupakan permasalahan yang sudah sangat umum di masyarakat. Tekanan darah tinggi biasanya dirasakan oleh orang yang pola makannya tidak sehat, durasi bekerja terlalu lama, dan stress. Maka bagi penderita hipertensi harus mencoba untuk merubah pola hidup, jika tidak maka malah akan memperburuk kesehatannya. Yuk kita simak artikel Minuman Yang Baik untuk Turunkan Tekanan Darah.

Hipertensi menimbulkan gejala pusing. Jika tekanan darahnya sudah sangat tinggi, maka pusing yang dialami pun semakin parah. Maka hipertensi harus segera diatasi sebelum malah menimbulkan penyakit yang lebih parah, seperti permasalahan jantung hingga stroke.

Hal yang paling penting untuk menjaga tekanan tetap stabil adalah pola makan dan minum yang terjaga. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung sodium dan potasium. Kandungan tersebut bisa kita dapatkan dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain makanan yang sehat, ada juga minuman yang dapat menurunkan tekanan darah.

Berikut Minuman Yang Baik untuk Turunkan Tekanan Darah

Minuman Yang Baik untuk Turunkan Tekanan Darah

  1. Jus Delima

Jus delima mengandung nutrisi yang kaya akan potasium dan vitamin penting lainnya. Nutrisi yang terkandung dalam delima dapat memperlancar atau memperlancar sirkulasi darah. Delima dapat mencegah penyempitan pembuluh darah. Telah terdapat penelitian yang membuktikan bahwa mengkonsumsi delima dapat memperbaiki tekanan darah sistolik (angka yang lebih tinggi dalam pembacaan tekanan darah).

  1. Jus jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan potasium yang melimpah. Ketika kita memakan makanan yang kurang baik bagi tekanan darah kita, seperti santan, MSG, dan lainnya, jus jeruk dapat kembali menstabilkan tekanan darah. Kandungan folat dan juga flavonoid alami juga berperan dalam menurunkan tekanan darah yang meningkat akibat makanan yang kurang sehat.

  1. Susu

Susu kaya akan fosfor, potasium, vitamin D, dan juga kalsium. Kandungan tersebut dapat berperan dalam menstabilkan tekanan darah. Susu merupakan anti racun. Racun dari makanan tidak sehat yang kita makan, akan dinetralisir dan dilarutkan oleh susu. Lalu kemudian dibuang oleh tubuh. Susu dapat membuat rileks pembuluh darah. Pembuluh darah yang ketat akan menimbulkan peningkatan tekanan darah.

  1. Es Cincau Hijau

Telah dibuktikan pada suatu penelitian, bahwa cincau hijau itu sangat baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Sebab cincau hijau dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, mesti hati-hati untuk mengkonsumsi Es Cincau Hijau. Jangan terlalu banyak menggunakan banyak santan, karena itu tidak baik untuk penderita hipertensi.

  1. Es Timun Serut

Timun sangat berefek untuk menurunkan tekanan darah. Bahkan timun bisa menyebabkan tekanan darah rendah jika dikonsumsi secara berlebihan. Satu porsi timun (50 gram) mengandung 80 gram kalium yang baik untuk  menurunkan tekanan darah. Dalam tubuh kita, kalium bekerja sebagai zat yang membantu melebarkan pembuluh darah sehingga membuat tekanan darah yang awalnya tinggi jadi menurun. Secara sederhana, timun merupakan obat alami hipertensi, namun memiliki efek samping.

Baca Juga : Buah-buahan yang tinggi antioksidan

  1. Jus tomat

Jus tomat juga bisa menurunkan tekanan darah. Selain menurunkan tekanan darah, jus tomat juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Sehingga jus tomat sangat baik untuk penderita hipertensi maupun penderita penyakit jantung.

Selain meminum minuman yang dapat mengkontrol tekanan darah agar stabil, penderita hipertensi juga harus menghindari minuman yang mengandung alkohol, karena dapat merusak organ tubuh dan berpengaruh ke otak.

Kak, yuk coba Minuman Yang Baik untuk Turunkan Tekanan Darah tersebut. Semoga dapat berefek baik pada kesehatan kita.

Share it on