Griya Yatim & Dhuafa

Mustajabnya Doa Anak Yatim

Donasiberkah – Kak, dalam Agama Islam menganjurkan kepada kita untuk menyayangi, merawat, menyantuni anak yatim. Sebab anak yatim memiliki keistimewaan dan di muliakan di sisi Allah. Sebagaimana Allah memerintah kan kepada kita janganlah menghardik kepada anak yatim, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Adapun anak yatim, janganlah kalian menghardiknya” (QS. Ad-Dhuha : 9). Inilah artikel tentang mustajabnya doa anak yatim, yuk kita simak.

Anak Yatim adalah anak yang ditinggal oleh sosok ayah yang telah meninggal dunia, dimana pada saat usianya masih membutuhkan kasih sayang dari sosok orang tua. Jika dibandingkan dengan anak lainnya yang masih memiliki kedua orang tua yang masih lengkap. Anak yatim tergolong anak yang kurang beruntung, karena harus kehilangan orang tuanya.

Baca Juga : Yakinlah dengan kekuatan doa

Oleh karena itu, banyak yang mengatakan bahwa dengan merawat anak yatim membawa keberkahan. Untuk itu, Allah telah memerintah kan kepada kita untuk menyayangi dan mengasihi anak yatim. Seperti dalam salah satu hadis, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Ada seseorang yang datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  dan mengeluh kekerasan hatinya. Nabi pun bertanya,”Suka kah kamu jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi? Kasihanilah anak yatim, usaplah wajahnya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi”

Kak, di dalam hadis tersebut menunjukkan bahwa siapapun yang mengasihi dan juga merawat anak yatim, niscaya Allah akan mendatang kan kebaikan untuknya. Maka jika kita mengharap kan keberkah di dalam kehidupan kita, hendaknya merawat anak yatim dengan baik.  Ketika anak yatim mendoakan kita, maka doa tersebut akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah.

Mustajabnya Doa Anak Yatim
          Mustajabnya Doa Anak Yatim

Manfaat berbuat baik kepada anak yatim

Pada penjelasan sebelumnya dijelaskan bahwa anak yatim adalah anak yang harus dirawat, di kasihi dan disayangi dan merupakan seorang yang istimewa dalam islam. Maka dari itu, jika kita berbuat baik kepada anak yatim, akan mendatang kan berbagai manfaat bagi kita. Di antara manfaat dari menolong anak yatim adalah jika anak yatim tersebut mendo’akan kita, maka doa tersebut akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah.

Baca Juga : Adab-Adab Dalam Berdoa Kepada Allah

Selain itu, dengan berbuat baik kepada anak yatim juga dapat mendatang kan pahala serta balasan yang luar biasa.  Maka dari itu, Allah akan memberikan ganjaran yang akan bermanfaat bagi kita, baik di dunia serta di akhirat nanti. Dengan begitu kita juga akan mendapatkan keberkahan hidup yang luar biasa. Sebaliknya, ketika kita menghardik kepada anak yatim, akan diberikan ganjaran yang setimpal pula bagi kita.

 Dari sini jelas bahwa berbuat baik dan merawat anak yatim adalah sesuatu yang utama bagi muslim. Dengan berbuat baik, kita akan mendapatkan berbagai keberkahan termasuk didoakan oleh anak yatim tersebut.

Baca Juga : Inilah Waktu Yang Sangat Mustajab Untuk Berdoa

Yuk Kita Bantu Anak Yatim

Oleh karenanya, kami Laznas Griya Yatim mengajak kepada para #SahabatDermawan dan #OrangBaik untuk membantu memenuhi kebutuhan anak yatim. Baik kebutuhan pangan dan juga pendidikan mereka, yuk kita sisihkan harta kita untuk kebutuhan mereka.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top