Griya Yatim & Dhuafa

Ngaji Bareng Anak-anak Asuh Griya Yatim & Dhuafa

Al-Qur’an merupakan kitab yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad sebagai pedoman hidup seluruh manusia. Pedoman artinya kumpulan ketentuan dasar yang memberi arah bagaimana seharusnya kita menjalani hidup. Oleh karena itu, Al-Qur’an itu harus dipelajari untuk menjalani hidup yang sesuai dengan syariat islam. Inilah kegiatan Ngaji Bareng Anak-anak Asuh Griya Yatim & Dhuafa.

Banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil dari Al-Qur’an. Al-Qur’an berisikan ilmu-ilmu yang sudah pasti kebenarannya. Ilmu-ilmu tentang dunia dan pastinya ilmu-ilmu tentang akhirat, semuanya terdapat dalam Al-Qur’an. Ilmu-ilmu akhirat itulah yang harus kita pelajari untuk mempersiapkan diri menghadap Allah.

Bacaan yang paling baik adalah membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an adalah suatu amalan yang mulia dan memiliki banyak keberkahan didalamnya. Rasulullah bersabda “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan menjadi sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf,” (HR. At-Tirmidzi).

Ngaji Bareng Anak-anak Asuh Griya Yatim & Dhuafa
( Foto Dok. Kegiatan Rutin Ngaji Bareng Anak-anak Asuh Griya Yatim & Dhuafa)

Namun, sepatutnya Al-Qur’an itu tidak hanya dibaca tapi juga ditadabburi dan di amalkan. Tadabbur sendiri adalah serapan kata dari bahasa arab yang artinya merenungkan. Jadi maksud dari mentadabburi  Al-Qur’an adalah merenungkan makna-makna yang terkandung dalam Al-Qur’an, baik yang tersurat dan tersirat. Maka untuk lebih bisa mendalami hikmah dalam Al-Qur’an kita juga perlu membaca tafsir-tafsir Al-Qur’an.

Setelah membaca dan mentadabburi Al-Qur’an, maka selanjutnya mesti kita amalkan ilmu-ilmunya. Mengamalkannya yaitu dengan cara menjalankan perintah-perintah yang tercantum dalam Al-Qur’an, dan juga menjauhi hal yang dilarang dalam Al-Qur’an. Jangan sampai kita menjadi orang yang fasik, yaitu orang yang mengetahui tapi tidak menjalankannya.

Alhamdulillah, anak-anak asuh Griya Yatim & Dhuafa (GYD) cabang asrama BSD Kencana Raya-Tangsel senantiasa mengaji, dan mentadabburi Al-Qur’an bersama-sama. Semoga mereka tumbuh dan menjadi sabaik-baiknya manusia. Rasulullah bersabda : “Sebaik-baiknya manusia diantara kamu adalah yang mengajarkan Al-Qur’an dan mengajarkannya” (HR. Bukhari).

Baca Juga : Yuk Bantu Pangan Untuk Penghafal Al-Qur’an

Yuk Sahabat, terus dukung mereka agar bisa menjadi anak-anak yang cerdas dan berakhlak Al-Qur’an. Dukung dan bahagiakan mereka dengan cara berdonasi di cabang asrama Griya Yatim & Dhuafa di seluruh Indonesia. Atau dengan berdonasi dengan klik Pangan Untuk Penghafal Qur’an Yatim & Dhuafa.

Ayo Sahabat terus berbagi dengan mereka. Rasulullah bersabda : “Orang yang memelihara anak yatim di kalangan umat muslimin, memberikannya makan dan minum, pasti Allah akan masukkan ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.” (HR. Tirmidzi).

English EN Indonesian ID
Scroll to Top